Karl Friedrich Benz (lahir 25 November 1844 – meninggal 4 April 1929 pada umur 84 tahun) adalah seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis.Pada 1903
Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota dari papan
pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler bergabung
membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz. Benz meninggal pada 1929 di Ladenburg di Neckar, Jerman
Perkembangan Perusahaan
Mercedes-Benz adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman
yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus.
Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di
dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai
sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki tingkat
keamanan tinggi.
Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach. Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft.
Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926
setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi
perusahaan Daimler-Benz
Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler dan Wilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak, bekerja sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah bertemu.
Pada awal 1900-an,
mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah kota di distrik
Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya, Mercédès. Saat ini mercedes-benz sedang merambah marketing mereka melalui media online.
Daftar produk-produk mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi tahun 2011:
- A-Class—Hatchback
- B-Class—MPV
- C-Class—Sedan, Estate & Koupé
- CL-Class—Koupé
- CLS-Class—Koupé 4 pintu
- E-Class—Sedan, Estate, Koupé & Cabriolet/Konvertibel
- G-Class—cross-country vehicle
- GL-Class—Kendaraan Off Road
- M-Class—Sports Utility Veihicle (SUV)
- R-Class—Luxury Tourer Vehicle (LTV)
- S-Class—Sedan
- SL-Class—Roadster
- SLK-Class—Roadster
- SLS AMG—Koupé
- Viano—Multi Porpose Vehicle (MPV)
Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk
mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan
kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang
menandakan tipe bodi dan tipe mesin.
- "C" menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
- "D" berarti menggunakan mesin diesel.
- "E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin bensin dengan injeksi. Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan "D" atau "E" maka memakai mesin bensin karburator.
- "G" melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
- "K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger ("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah "Kurz" (short-wheelbase/sumbu roda pendek).
- "L" melambangkan "Leicht" (lightweight) untuk model sedan sport, dan "Lang" (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
- "R" singkatan dari "Rennen" (racing/balap), digunakan untuk mobil balap. (contohnya 300SLR).
- "S" berarti "Sport" untuk model performa tinggi atau "Special" untuk model teratas/unggulan.
- "T" singkatan dari "Touring" dan menandai jenis mobil estate/station wagon.
Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak
sesuai dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya
untuk menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil
mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas
yang penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan
3 digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan modl
sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi
diberikan huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah
selalu pasti. Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak
mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor
tersebut terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin.
Contohnya, E250 CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI
karena adanya perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin
1.8L.
Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:
- "4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
- "Bluetec" menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective catalytic reduction.
- "BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
- "CGI" (Charged Gasoline Injection) menandakan Injeksi bensin langsung.
- "CDI" (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan teknologi common-rail.
- "Hybrid" menandakan mobil hybrid.
- "NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
- "Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
- "Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan di model Kelas A, B,Е dan GLK.
Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
- Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
- Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan berpendingin air sampai saat ini.
- Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan ini digantikan oleh injeksi.
- "Chassis drop"— mobil yang dinamai "Mercedes" oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai "carriage" lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless carriages", mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam.
- Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya (1924).
- Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones
depan dan belakang, pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun
1951. Penemuan ini dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting
di konstruksi otomotif khususnya bagian keamanan.
- Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil. Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan sistem kontrol traksi.
- Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
- Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan, sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
- Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
- Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist, dan berbagai macam perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz. Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir semua mobil-mobil modern.
- Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG, 6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai '63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113 '55 AMG' di banyak model. Mesin M156 ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.
- (W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km) dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam. 2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini diresmikan oleh FIA).
- Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz
memenangkan penghargaan Safety Award di penghargaan "What car?" tahun
2007.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Karl_Benz
http://id.wikipedia.org/wiki/Mercedes-Benz
No comments:
Post a Comment