Saturday, March 30, 2013

Jaguar



Mobil Jaguar (Dʒæɡju ː ər / JAG-ew-ər), sejak Desember 2012 secara resmi dimasukkan sebagai Jaguar Land Rover Ltd, adalah produsen mobil asal Inggris multinasional yang berkantor pusat di Whitley, Coventry, Inggris, yang dimiliki oleh Jaguar Land Rover Otomotif PLC , anak perusahaan dari produsen mobil India, Tata Motors perusahaan.

Jaguar didirikan sebagai Perusahaan Walet Sidecar oleh Sir William Lyons pada tahun 1922, awalnya membuat sidecars sepeda motor sebelum berkembang mobil penumpang. Nama itu berubah menjadi Jaguar setelah Perang Dunia II untuk menghindari konotasi yang tidak menguntungkan dari inisial SS. Setelah dijual ke The British Motor Corporation pada tahun 1968-yang bergabung dengan Leyland Motor Corporation dan kemudian dinasionalisasi sebagai British Leyland-Jaguar terdaftar di London Stock Exchange pada tahun 1984, dan menjadi konstituen dari FTSE 100 Index sampai diakuisisi oleh Ford pada tahun 1990. Jaguar telah, dalam beberapa tahun terakhir, diproduksi mobil untuk Perdana Menteri Inggris, pengiriman terbaru menjadi XJ Mei 2010 Perusahaan juga memegang waran kerajaan dari HM Ratu Elizabeth II dan HRH Pangeran Charles.  Mobil Jaguar saat ini dirancang di pusat rekayasa Jaguar Land Rover di pabrik Whitley di Coventry dan di situs Gaydon mereka di Warwickshire, dan diproduksi di pabrik Jaguar Bromwich Kastil perakitan dekat Birmingham.

 

Kelahiran perusahaan

Perusahaan Sidecar Walet didirikan pada tahun 1922 oleh dua penggemar sepeda motor, William Lyons dan William Walmsley mengarah ke SS Mobil Ltd Pada tahun 1935 nama SS Jaguar pertama kali muncul pada saloon 2.5-liter,  olahraga model yang SS 90 dan SS 100. Kas pendek setelah Perang Dunia II, dan Jaguar menjual tanaman dan tempat Panel Motor, tubuh baja perusahaan manufaktur ditekan mereka telah diperoleh pada tahun 1930-an ketika prospek pertumbuhan tampak lebih aman. Pembeli adalah Rubery Owen, namun demikian, Jaguar mencapai sukses komersial relatif dengan model awal mereka pasca perang. Kali itu juga sulit untuk lainnya Coventry berbasis auto-pembuat dan perusahaan mampu membeli dari Motor Company Standard John Black tanaman di mana Standar telah membangun enam silinder mesin itu telah memasok ke Jaguar .

Jaguar membuat namanya dengan memproduksi serangkaian mobil sport, seperti XK 120 tahun 1949, berkembang menjadi XK 140 dan XK 150, dan Tipe E tahun 1961. Ini semua mantra Lyons 'sukses dan diwujudkan dari "value for money".  Mereka berhasil di internasional motorsport, jalan diikuti pada tahun 1950 untuk membuktikan integritas rekayasa produk perusahaan. Penjualan slogan Jaguar selama bertahun-tahun adalah "Grace, space, Pace". Inti dari keberhasilan Bill Lyons 'menyusul Perang Dunia II adalah twin-cam lurus enam mesin, desain dikandung pra-perang dan menyadari sementara desain staf di pabrik Coventry yang membagi waktu mereka.Untuk menempatkan ini dalam konteks, patokan untuk pra-perang mesin balap dan persaingan adalah "pengetuk ganda", atau Twin Cam mesin.  Mesin baru Jaguar adalah kepala lintas-aliran hemispherical silinder dengan katup cenderung dari vertikal, awalnya pada 30 derajat (inlet) dan 45 derajat (knalpot) dan kemudian standar untuk 45 derajat untuk kedua inlet dan exhaust. 


Sebagai bahan bakar oktan peringkat yang relatif rendah dari 1948 dan seterusnya, tiga konfigurasi piston yang ditawarkan. Perancang utama, William "Bill" Heynes, dibantu oleh Walter "Wally" Hassan, bertekad untuk merancang unit OHC Twin. Bill Lyons setuju atas keraguan dari Hassan. Itu riskan untuk mengambil apa yang sebelumnya telah dianggap sebagai balap atau volume rendah dan mesin bantahan membutuhkan proses pembersihan konstan dan menerapkannya pada mobil sedan volume produksi yang wajar.

Mesin berikutnya (dalam berbagai versi) adalah powerplant andalan Jaguar, digunakan dalam, XK 120 Mk VII Saloon, Mk I dan II saloons dan XK 140 dan 150. Hal ini juga digunakan dalam Tipe E, sendiri merupakan pengembangan dari perlombaan menang dan Le Mans C menaklukkan dan Olahraga Type D Racing mobil disempurnakan sebagai berumur pendek XKSS, jalan-hukum D-Type.

Beberapa jenis mesin telah menunjukkan ubiquity tersebut dan umur panjang: Jaguar menggunakan mesin OHC Twin XK, karena kemudian dikenal, dalam saloon Jaguar XJ6 dari tahun 1969 sampai 1992, dan bekerja di sebuah varian J60 sebagai pembangkit listrik di kendaraan yang beragam seperti Angkatan Darat Inggris Tempur Kendaraan Reconnaissance (Dilacak) keluarga kendaraan, serta Fox lapis baja kendaraan pengintai, Mobil Pramuka Ferret, dan Stonefield empat-wheel-drive segala medan truk. Dipelihara, Engine produksi standar XK akan mencapai 200.000 mil dari masa manfaat.

Dua dari momen paling membanggakan dalam sejarah panjang Jaguar di motor sport yang terlibat memenangkan balapan Le Mans 24 jam, pertama pada tahun 1951 dan lagi pada tahun 1953. Kemenangan di Le Mans tahun 1955 dibayangi oleh itu menjadi kesempatan kecelakaan terburuk dalam sejarah motorsport. Kemudian di tangan tim balap Skotlandia Ecurie Ecosse dua kemenangan lagi yang ditambahkan pada tahun 1956 dan 1957.

Meskipun seperti orientasi kinerja, itu selalu niat Lyons 'untuk membangun bisnis dengan memproduksi kelas dunia saloons dalam jumlah lebih besar dari pasar mobil sport dapat mendukung. Jaguar dijamin stabilitas keuangan dan reputasi yang unggul dengan serangkaian saloons mewah gaya elegan yang termasuk liter 3 & mobil liter 3 ½, Mark VII, VIII, dan IX, Mark kompak I dan 2, dan XJ6 dan XJ12. Semua dianggap nilai yang sangat baik, dengan wahana nyaman, penanganan yang baik, kinerja tinggi, dan gaya besar.

Dikombinasikan dengan tren-pengaturan, XK 120 XK 140, dan XK 150 seri mobil sport, dan nonpareil E-Type, Elan Jaguar sebagai produsen prestise motorcar memiliki beberapa saingan. Pasca-Perang perusahaan prestasi yang luar biasa, mengingat kedua kekurangan yang berkeliaran Inggris (Departemen Pasokan bahan baku masih dialokasikan) dan keadaan perkembangan metalurgi jaman. Pada tahun 1951, Jaguar disewakan Browns Lane dari The Daimler Company Limited, yang dengan cepat menjadi tanaman pokok. Jaguar dibeli Daimler-tidak harus bingung dengan Daimler-Benz atau Daimler AG-pada tahun 1960 dari BSA. Dari akhir 1960-an, Jaguar menggunakan marque Daimler sebagai nama merek untuk saloons mereka yang paling mewah.
 
Ditekan Baja Perseroan Terbatas dibuat (monocoque) semua tubuh Jaguar meninggalkan penyediaan dan instalasi mekanis untuk Jaguar. Pada pertengahan-1965 British Motor Corporation (BMC), Austin-Morris menggabungkan, membeli baja. Khawatir dengan degradasi Jaguar untuk posisi tidak disukai pelanggan dengan pembuat bagian terbesar dari produknya Sir William Lyons terpilih untuk tidak melawan tawaran BMC untuk membeli Jaguar dan BMC mengambil kendali pada bulan September 1966. Dalam pandangan dari akuisisi yang signifikan, ditekan Steel dan Jaguar, BMC berubah nama menjadi British Holdings Motor pada akhir tahun 1966.

BMH didorong oleh pemerintah untuk bergabung dengan dikelola dengan baik motor makmur Leyland Corporation Limited, produsen bus dan truk Leyland, Standar-Triumph dan sekarang Rover kendaraan. Setelah bergabung dengan perusahaan holding baru mereka bernama British Leyland tetapi kombinasi tidak sukses. Manajemen dan keuangan terus kesulitan, terutama, Austin-Morris divisi (sebelumnya BMC) menyebabkan Laporan Ryder dan nasionalisasi yang efektif pada tahun 1975.

Selama beberapa tahun ke depan menjadi jelas bahwa karena hal rendah untuk banyak produk kelompok kekurangan modal dapat diberikan untuk mengembangkan dan mulai memproduksi model baru, termasuk Jaguar, terutama jika Jaguar adalah untuk tetap menjadi bagian dari kelompok. Pada bulan Juli 1984, Jaguar telah melayang off sebagai perusahaan yang terpisah di pasar saham - salah satu dari privatisasi banyak pemerintah Thatcher  - untuk membuat track sendiri record dan menemukan (persediaan baru atau, preferensi pemerintah,) a pemasok baru modal-yang ternyata Ford.

Diinstal sebagai Ketua pada tahun 1980, Sir John Egan dielu-elukan sebagai superman industri untuk kemakmuran belum pernah terjadi sebelumnya Jaguar segera setelah privatisasi. Pada awal 1986 Egan melaporkan ia telah ditangani 1. rendahnya kualitas kontrol, 2. tertinggal jadwal pengiriman, 3. produktivitas yang buruk, dan diberhentikan sekitar 1/3 dari 10.000 karyawan perusahaan untuk memotong biaya. Komentator telah sejak menunjukkan dia dieksploitasi berbagai model yang lanjut usia di mana semua biaya pengembangan telah dihapuskan dan menaikkan harga serta mengintensifkan mendorong untuk meningkatkan kualitas Jaguar. Di USA kenaikan harga ditutupi oleh nilai tukar yang menguntungkan sampai setelah pertengahan tahun delapan puluhan, tetapi kebutuhan untuk model baru dan 1987 crash pasar saham membawa itu semua berakhir.
 

Ford Motor Company era

Ford menawarkan untuk Jaguar AS dan pemegang saham Inggris untuk membeli saham mereka pada bulan November 1989, daftar Jaguar di London Stock Exchange telah dihapus pada tanggal 28 Februari 1990. Pada tahun 1999 menjadi bagian dari Grup baru Premier Otomotif Ford bersama dengan Aston Martin,. Volvo Cars, dan, dari tahun 2000, Land Rover. Aston Martin kemudian dijual pada tahun 2007. Antara Ford pembelian Jaguar pada tahun 1989 dan menjualnya pada tahun 2008 itu tidak menghasilkan apapun keuntungan bagi produsen mobil berbasis Dearborn.

Di bawah kepemilikan Ford Jaguar memperluas jangkauan produk dengan peluncuran Type S-tahun 1999 dan X-jenis pada tahun 2001. Sejak tahun 2000 pembelian Mei Land Rover oleh Ford, telah berhubungan erat dengan Jaguar. Di banyak negara mereka berbagi penjualan umum dan jaringan distribusi (termasuk dealer bersama), dan beberapa model sekarang komponen berbagi, meskipun fasilitas produksi hanya berbagi adalah Halewood Tubuh & Majelis, untuk tipe X-dan Freelander 2. Namun secara operasional kedua perusahaan secara efektif terintegrasi di bawah struktur manajemen umum dalam PAG Ford.
Pada tanggal 11 Juni 2007, Ford mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menjual Jaguar, Land Rover bersama dan mempertahankan jasa Goldman Sachs, Morgan Stanley, dan HSBC untuk menasihati pada kesepakatan. Penjualan tersebut awalnya diharapkan akan diumumkan pada bulan September 2007, namun ditunda sampai Maret 2008. Ekuitas swasta perusahaan seperti Alchemy Mitra dari Inggris, TPG Capital, Ripplewood Holdings (yang mempekerjakan mantan eksekutif Ford Eropa Sir Nick Scheele untuk kepala penawarannya), Cerberus Capital Management dan Equity Partners Satu (dimiliki oleh JP Morgan Chase dan dikelola oleh mantan Ford eksekutif Jacques Nasser) dari AS, Tata Motors dari India dan sebuah konsorsium yang terdiri Mahindra dan Mahindra (produsen mobil dari India) dan Apollo Management semua kepentingan awalnya dinyatakan dalam pembelian Marques dari Ford Motor Company.

Sebelum penjualan diumumkan, Anthony Bamford, ketua JCB excavator produsen Inggris telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan pada bulan Agustus 2006,  tetapi mundur setelah mengetahui bahwa penjualan juga akan melibatkan Land Rover, yang ia tidak ingin membeli . Pada malam Natal tahun 2007, Mahindra dan Mahindra mundur dari perlombaan untuk kedua merek, mengutip kompleksitas dalam kesepakatan tersebut.
 

Tata Motors era

Pada tanggal 1 Januari 2008, Ford secara resmi menyatakan bahwa Tata adalah preferred bidder. Tata Motors juga menerima dukungan dari Transportasi Dan Serikat Pekerja Umum (TGWU)-Amicus menggabungkan serta dari Ford. Menurut aturan proses lelang, pengumuman ini tidak akan secara otomatis mendiskualifikasi setiap peminang potensial lainnya. Namun, Ford (serta perwakilan dari Unite) sekarang akan bisa masuk ke dalam diskusi rinci dengan isu-isu tentang Tata mulai dari keprihatinan tenaga kerja (job security dan pensiun), teknologi (IT sistem dan produksi mesin) dan kekayaan intelektual,  serta harga jual akhir. Ford juga akan membuka buku untuk due diligence lebih komprehensif oleh Tata. Pada tanggal 18 Maret 2008, Reuters melaporkan bahwa Amerika bankir Citigroup dan JP Morgan akan membiayai kesepakatan dengan USD 3 miliar pinjaman.

Pada tanggal 26 Maret 2008, Ford mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk menjual Jaguar dan Land Rover operasi untuk Tata Motors dari India, dan bahwa mereka diharapkan untuk menyelesaikan penjualan pada akhir kuartal kedua 2008. Termasuk dalam kesepakatan yang hak untuk tiga merek Inggris lainnya, Jaguar Daimler sendiri, serta dua merek aktif Lanchester dan Rover. Pada tanggal 2 Juni 2008., penjualan ke Tata selesai dengan biaya sebesar £ 1,7 miliar.
 

Pabrik perakitan

Jaguar LandRover pabrik di Pune, India
Swallow Sidecar perusahaan (SSC) pada awalnya terletak di Blackpool tapi pindah ke Holbrook Lane, Coventry pada tahun 1928 ketika permintaan untuk Walet Austin menjadi terlalu besar untuk kapasitas pabrik. Pada tahun 1951., Setelah terlalu besar situs Coventry asli mereka pindah ke Browns Lane, yang telah menjadi "bayangan pabrik" perang dijalankan oleh Perusahaan Daimler. Hari ini, Jaguar dirakit di Castle Bromwich di Birmingham. The Browns bersejarah tanaman Lane menghentikan operasi trim dan akhir tahun 2005, XJ X350 karena telah pindah ke Castle Bromwich dua tahun sebelumnya, meninggalkan XK dan S-Type produksi ke Castle Bromwich dan X-Type di Halewood (sekarang berakhir), bersama Land Rover Freelander 2 baru, dari tahun 2007. Sebuah berkurang Browns situs Lane beroperasi hari ini, memproduksi veneer untuk Jaguar Land Rover dan lain-lain, serta beberapa fasilitas rekayasa. Sebuah pabrik perakitan baru dibuka di Pune, India pada bulan April 2011.

Jaguar F-Type

The konversi F-Type diluncurkan di Paris Tampilkan 2012 Motor, mengikuti tampilan tersebut pada Goodwood Festival of Speed ​​pada bulan Juni 2012, [38] dan ditagih sebagai penerus legendaris E-Type. Ini dikembangkan mengikuti reaksi positif terhadap C-X16 mobil konsep Jaguar di Auto Show 2011 Frankfurt. Penjualan akan dimulai pada tahun 2013 dengan tiga pilihan mesin, dua varian mesin bensin V6 AJ126 AJ133 dan mesin V8 bensin.

Jaguar XF

Jaguar XF adalah ukuran sedang mobil eksekutif diperkenalkan pada tahun 2008 untuk menggantikan S-Type. Pada bulan Januari 2008, XF dianugerahi Mobil 'Car of the Year' dan 'Car of the Year Executive' penghargaan. XF juga dianugerahi Car of the Year 2008. Mesin tersedia di XF adalah 2.2-liter I4 dan 3.0-liter V6 mesin diesel, atau 3,0 liter V6 dan 5.0-liter V8 mesin bensin. Mesin 5.0 Liter tersedia dalam bentuk supercharged di XFR tersebut. Dari 2011, 2.2-liter mesin diesel dari Land Rover Freelander telah ditambahkan ke kisaran sebagai bagian dari facelift.

Jaguar XJ

Jaguar XJ adalah sedan mewah ukuran penuh. Model ini telah di produksi sejak 1968 dengan generasi pertama menjadi mobil Jaguar terakhir untuk memiliki masukan kreatif oleh pendiri perusahaan, Sir William Lyons. Pada awal 2003, XJ generasi ketiga tiba di showroom dan sementara eksterior mobil dan styling interior yang tradisional dalam penampilan, mobil benar-benar kembali direkayasa. Styling menarik banyak kritik dari wartawan otomotif banyak yang mengklaim bahwa mobil tampak kuno dan nyaris tidak lebih modern daripada pendahulunya, bahkan banyak mengutip bahwa 'Lyons line' telah hilang dalam terjemahan dari Mark 2 Mark menjadi 3 XJ, bahkan meskipun bawah shell meletakkan konstruksi aluminium yang sangat canggih yang menempatkan XJ yang sangat dekat bagian atas kelasnya.

Jaguar menanggapi kritik dengan pengenalan XJ generasi keempat, diluncurkan pada tahun 2009. Styling eksterior adalah keberangkatan dari XJS sebelumnya, dengan sikap, lebih muda kontemporer, mengikuti pergeseran desain yang mulai diberlakukan sebelumnya dengan model perusahaan XF dan XK.

Mesin 5-liter V8 di Supersport XJ dapat mempercepat mobil dari 0-60 mph (0-97 km / jam) dalam 4,7 detik, dan memiliki Inggris CO2 Peringkat emisi 289 g / km. Untuk memenuhi pasar limusin, semua model XJ ditawarkan dengan wheelbase lebih panjang (LWB) sebagai pilihan, yang meningkatkan ruang untuk kaki belakang.

Jaguar XK

The Jaguar XK adalah sebuah kemewahan besar tourer diperkenalkan pada tahun 2006, di mana ia menggantikan XK8 diluncurkan pada tahun 1996. XK memperkenalkan sebuah bodyshell aluminium monocoque, dan tersedia baik sebagai coupe dua pintu dan dua pintu cabriolet / convertible.

R model

Jaguar XKR-S
Jaguar mulai memproduksi model R tahun 1995 dengan pengenalan XJR pertama. Didukung oleh mesin 6 silinder supercharged, mobil menghasilkan sekitar 322 tenaga kuda. Dengan garis dirubah dari mesin, powerplant akan didasarkan pada mesin delapan silinder dengan supercharger dari tahun 1997 sampai sekarang. The XJR 1997-2003 menghasilkan 370 tenaga kuda (276 kW) dan 385 pound-feet (522 N · m) dari torsi, membawa mobil ke 60 mph (97 km / jam) dalam 5 detik. The bodyshell aluminium baru 2004-2009 dan meningkatkan daya sampai 400 hp (298 kW) dan sistem komputer ditingkatkan menurun waktu untuk 60 mph (97 km / h) menjadi 4,8 detik. Dimulai setelah tahun 2000, XJRs dilengkapi dengan CATS Jaguar (Komputer Aktif Suspension Technology), yang membantu perusahaan sampai naik dalam berkendara sporty tanpa mengorbankan kenyamanan selama sehari-hari digunakan.

XKR pertama diperkenalkan pada tahun 1997 dan terus meningkat dengan daya yang sama seperti XJR kecuali untuk setelah 2006, kekuasaan di XKR yang didorong ke 420 hp (313 kW). The S-Type R memiliki produksi jangka pendek dari 2003 hingga 2008, dan datang dilengkapi dengan tenaga kuda 400 yang sama (298 kW) V8 supercharged sebagai model R lainnya. Ia digantikan oleh XFR, yang menampilkan L V8 supercharged 5.0 yang memproduksi 510 hp (380 kW).

    Jaguar XFR 510 hp (380 kW) mid-size sedan
    Jaguar XKR 510 hp (380 kW) coupé dan cabriolet
    Jaguar XFR-S 550 hp (410 kW) mid-size sedan
    Jaguar XKR-S 550 hp (410 kW) coupé dan cabriolet  

Masa Depan model

Setelah bertahun-tahun spekulasi, Jaguar Ian Callum desainer dikonfirmasi pada awal 2012 bahwa tidak akan menjadi SUV Jaguar, tetapi menyarankan bahwa ia mungkin akan merancang sebuah crossover untuk Jaguar.

2002-2003 Jaguar X-Type sedan

Jaguar S-Type, pertama kali muncul pada tahun 1999 dan berhenti produksi pada tahun 2008. Sekarang telah digantikan oleh Jaguar XF. Awal S-Jenis menderita masalah keandalan tetapi mereka kebanyakan diselesaikan oleh model tahun 2004.

Jaguar X-Type adalah mobil eksekutif kompak diluncurkan pada tahun 2001, sementara perusahaan berada di bawah kepemilikan Ford. Berbagi platform dengan jangkauan 2.000 Ford Mondeo, X-Type berhenti produksi pada tahun 2009.

Mark V

Perusahaan Jaguar mulai produksi dengan, pra-perang 1,5 2,5 dan model 3,5-liter, yang digunakan mesin dirancang oleh Standar Motor Company. The 1.5-liter empat silinder masih dipasok oleh Standard tetapi dua besar enam silinder yang dibuat di rumah. Mobil-mobil ini telah menjadi dikenal secara tidak resmi sebagai infus Mark.
Model pasca-perang pertama adalah 1948 Mark V tersedia dengan baik 2,5-liter atau 3.5-mesin, dan memiliki penampilan yang lebih ramping daripada sebelum perang model, tetapi yang lebih penting adalah perubahan suspensi depan independen dan rem hidrolik.

Terobosan besar adalah peluncuran pada tahun 1948 dari mobil sport XK120, didukung dengan overhead camshaft kembar baru XK (DOHC) 3.5-liter hemi-kepala mesin enam silinder yang dirancang oleh William Heynes, Walter Hassan dan Claude Baily. Mesin ini telah dirancang pada malam hari selama perang ketika mereka akan berjaga-jaga api di pabrik. Setelah beberapa upaya desain akhir dicapai. Itu sampai pemilik William Lyons mengatakan "membuatnya lebih tenang". Mobil semula dimaksudkan sebagai model produksi singkat dari sekitar 200 kendaraan sebagai test bed untuk mesin baru sampai rumah yang dimaksudkan, Mark baru VII saloon, sudah siap. Penerimaan yang luar biasa The XK120 ini diikuti pada tahun 1954 oleh pengenalan XK140 derivatif, dan XK150 banyak direvisi.

Jaguar meluncurkan E-Type pada tahun 1961.
Seiring dengan mobil sport, Jaguar mempertahankan tempat yang kuat di pasar mobil sedan kelas atas. Memperkenalkan Mark VII besar pada tahun 1951, mobil terutama dikandung untuk pasar Amerika, Jaguar kewalahan dengan pesanan. The Mark VII dan penerusnya mengumpulkan sambutan hangat dari majalah seperti Road & Track dan The Motor. Pada tahun 1956 sebuah VII Mark memenangkan Rally Monte Carlo bergengsi.

Pada tahun 1955, "2.4-Liter" saloon (kemudian dikenal sebagai 2,4 Mark 1) adalah monocoque pertama (kesatuan) mobil dari Jaguar.  2.4 liter pendek stroke versi mesin XK disediakan 100 mil per jam (160 km / h) kinerja. Pada tahun 1957, versi 3.4-liter dengan rem disk, roda kawat dan pilihan lain diperkenalkan, dengan kecepatan tertinggi 120 mph (190 km / h). Pada tahun 1959, versi revisi luas dari mobil dengan jendela yang lebih luas, dan 2,4 3.4, dan 3.8-liter pilihan mesin menjadi Mark 2. The 3.8 Mark 2 populer dengan pasukan polisi Inggris untuk ukuran kecil dan 125 mph (201 km / h).
 
The Mark VIII tahun 1956 dan Mark IX Tahun 1958 pada dasarnya update dari Mark VII, tetapi X Mark tahun 1961 adalah desain yang sama sekali baru dari sedan besar dengan semua suspensi independen bulat dan konstruksi kesatuan. Suspensi belakang independen dari X Mark didirikan pada Type S-1963, yang mirip Mark 2, dan pada tahun 1967 Mark 2 nama dijatuhkan ketika sedan kecil menjadi kisaran 240/340. The 420 tahun 1966, juga dijual sebagai Sovereign Daimler, menempatkan depan baru ke tipe S-, meskipun kedua mobil terus secara paralel sampai S-Type dijatuhkan pada tahun 1968. The X Mark menjadi 420g pada tahun 1966.

Dari saloons lebih baru, yang paling signifikan adalah XJ (1.968-1.992). Dari tahun 1968 pada, Seri I XJ melihat perubahan kecil, pertama pada tahun 1973 (untuk Seri II), 1979 (Seri III), desain ulang yang lengkap untuk 1986/1987 di XJ40, modifikasi lebih lanjut pada tahun 1995 (X300), pada tahun 1997 dengan V8- listrik (X308), dan kemajuan besar pada tahun 2003 dengan pertama di industri aluminium monocoque-chassis (X350). XJ paling mewah model dilakukan baik Plas Vanden (AS) atau Daimler (seluruh dunia) nameplates. Pada tahun 1972, mesin 12 silinder diperkenalkan di XJ, sementara secara bersamaan yang ditawarkan di Type E. 

1992 melihat pengenalan XJ220 pertengahan bermesin, twin-turbo, didukung oleh 542 bhp (404 kW; 550 PS) mesin V6. XJ220 ini dikonfirmasi mobil produksi tercepat di dunia pada saat setelah Martin Brundle mencatat kecepatan 217 mph (349 km / h) di jalur Nardo di Italia. Selama bertahun-tahun Jaguar model telah memakai krom Jaguar terkenal Melompat berlapis, tradisional membentuk bagian dari tutup radiator. Dikenal sebagai "The leaper" ini maskot ikon telah menjadi subyek kontroversi dalam beberapa kali ketika dilarang untuk alasan keamanan dari mobil dipasok ke Eropa sementara itu terus dipasang pada mobil ditakdirkan untuk Amerika Serikat, Timur Tengah dan Timur Jauh. Sekarang telah dijatuhkan dari semua model Jaguar terbaru.

line-up Lengkap
    1935-1948 2 ½ saloon Liter
    1937-1948 3 ½ saloon Liter
    1948-1951 Mark V
    1951-1957 Mark VII (& VIIM)
    1957-1959 Mark VIII
    1959-1961 Mark IX
    1961-1966 Mark X
    1966-1970 420g
    1968-1987 XJ6 Seri 1, 2 & 3
    1972-1992 XJ12
    1986-1994 XJ6 (XJ40)
    1993-1994 XJ12 (XJ81)
    1995-1997 XJ6 & XJ12 (X300 & X301)
    1998-2003 XJ8 (X308)
    2004-2009 XJ (X350)
    2009-tanggal XJ (X351)

Compact eksekutif
    1935-1949 1 ½ saloon Liter
    1955-1959 Mark 1
    1959-1967 Mark 2
    1963-1968 S-jenis
    1966-1968 420
    1966-1968 240 & 340
    1999-2008 S-jenis
    2001-2009 X-jenis
    2008-sekarang XF

Olahraga
    1948-1954 XK120
    1954-1957 XK140
    1957-1961 XK150
    1961-1974 E-Type
    1975-1996 XJ-S
    1992-1994 XJ220
    1997-2006 XK8/XKR (X100)
    
2006-sekarang XK (X150)
    2012-sekarang F-Type

Racing dan kompetisi

    1950 C-Type
    1950 D-Type
    1960 E-Type Ringan
    1985-1992 XJR-5 melalui XJR-17
    2.009 XFR Bonneville Salt Flats rekor kecepatan
    2.010 Jaguar RSR XKR GT2

Konsep model
    E1A-1950-an E-Type konsep kendaraan
    E2A-kedua E-Type kendaraan konsep, yang berlari di LeMans dan di USA
    Pirana (1967)
    XJ13 (1966)-Dibangun untuk balapan di LeMans, pernah menjalankan
    XK180 (1998)
    F-Type (2000)-Roadster, mirip dengan XK8 tetapi lebih kecil
    
R-Coupé (2001)-besar empat-seater coupé
    Fuore XF 10 (2003)
    R-D6 (2003)-Compact empat kursi coupé
    XK-RR-Sebuah versi kinerja tinggi dari coupé XK generasi terakhir
    XK-RS-Versi lain kinerja-spec XK generasi terakhir convertible
    
Konsep Delapan (2004)-Super-mewah versi model panjang wheelbase XJ
    C-XF (2007)
    C-X75 (2010)
    C-X16 (2011)

Mesin
    Sejarah mesin:
        Jaguar XK6 mesin-inline-6
        Jaguar mesin V12-V12
        Jaguar AJ6 mesin dan AJ16 mesin-inline-6
    Saat mesin:
        
Jaguar AJ-V8 mesin-V8 (generasi keempat mesin Jaguar)
        Jaguar AJ-V6 engine-V6 (variasi dari mesin Ford)
        Jaguar AJD-V6 engine-V6 (mesin diesel yang dirancang oleh Ford)

Motorsport

Perusahaan ini telah memiliki sukses besar di balap mobil sport, khususnya di Le Mans 24 Hours. Kemenangan datang pada tahun 1951 dan 1953 dengan Type C-, maka pada tahun 1955, 1956 dan 1957 dengan Type-D. Manajer tim balap selama periode ini, Inggris Lofty, kemudian menjadi CEO Jaguar pada awal tahun 1970. Meskipun prototipe XJ13 dibangun pada pertengahan 1960-an itu tidak pernah berlari, dan ras yang terkenal kemudian dibiarkan selama bertahun-tahun, sampai pada pertengahan 1980-an ketika Tom Walkinshaw tim TWR mulai merancang dan mempersiapkan Jaguar V12 bermesin prototipe olahraga untuk Eropa mobil sport ras. Tim mulai memenangkan teratur dari 1987, dan dengan dukungan pabrik meningkat tim memenangkan Le Mans pada tahun 1988 dan 1990.

Pada 1999, Ford memutuskan bahwa Jaguar akan Formula korporasi Satu entri. Ford membeli keluar Stewart Grand Prix tim dan diganti namanya sebagai Racing Jaguar untuk musim 2000. Program Jaguar F1 tidak sukses Namun, mencapai hanya dua kali naik podium dalam lima musim kompetisi antara tahun 2000 dan 2004. Pada akhir tahun 2004, dengan biaya pemasangan dan keuntungan Ford berkurang, tim F1 dipandang sebagai beban yang tidak diperlukan dan dijual kepada energi Red Bull Dietrich Mateschitz pemilik minuman, dan itu menjadi Red Bull Racing. Sejak tahun 2004 Jaguar belum memiliki kehadiran resmi di motorsport.

Jaguar yang terkenal untuk olahraga pembalap:
    Jaguar C-Type (1951-1953)
    Jaguar D-Type (1954-1957)
    Jaguar Ringan E-Type
    
Jaguar XJR Sportscars
    Jaguar XJR-9 (1988)
    XJ220 (1988)
    
XJR-15 (1990)

Kendaraan listrik

Mobil Lotus bergabung dengan Jaguar, MIRA Ltd dan Caparo pada proyek mewah eksekutif sedan hybrid yang disebut "Limo-Green" yang didanai oleh Dewan Strategi Teknologi Pemerintah Inggris. Kendaraan akan menjadi seri plug-in hybrid.



sumber:
en.wikipedia.org/wiki/Jaguar_Cars



No comments:

Post a Comment