Kehidupan dan awal karier
Yataro memulai kariernya bekerja pada klan Tosa, ia pergi ke Edo (kini Tokyo) ketika berusia sembilan belas tahun bertujuan mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya dalam suatu perselisihan dengan kepala desa membuat Yataro pulang dari Edo setahun kemudian dan sebentar cuti dari studinya. Hakim setempat menolak memproses kasus dari ayahnya dan Yataro menuduh hakim korupsi. Ia dikirim ke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan ia tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum menemukan pekerjaan sebagai guru sekolah desa. Kembali ke Edo, ia disosialisasikan dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang terpengaruh dengan ide-ide tentang membuka dan mengembangkan perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak lama kemudian, melalui Yoshida, ia mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.
Berdirinya Mitsubishi
Setelah Restorasi Meiji tahun 1868 yang memaksa pembubaran dari kepentingan bisnis shogun, Iwasaki pergi ke Osaka dan menyewakan hak untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading Company. Perusahaan ini kemudian berubah nama menjadi Mitsubishi pada tahun 1873. Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi pada Maret 1870, ketika Yataro resmi menjadi presiden.Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai perusahaan
pelayaran oleh Yatarō Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun
1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai (三菱 商会). Nama Mitsubishi
(三菱) terdiri dari dua bagian: "Mitsu" yang berarti "tiga" dan "hishi"
(yang menjadi "bishi" yang berarti di bawah "rendaku") , dan karenanya
terdapat tiga buah belah ketupat , yang tercermin dalam logo perusahaan
yang terkenal. Hal ini juga diartikan sebagai "tiga berlian".Mitsubishi telah didirikan pada tahun 1870, dua tahun setelah Restorasi Meiji,
dengan pengiriman sebagai bisnis inti.
Lambang yang merupakan gabungan dari lambang Keluarga Iwasaki dan daun pohon ek puncak Yamanouchi keluarga, pemimpin klan Tosa yang menguasai bagian Yataro Shikoku di mana dilahirkan. Mitsubishi kemudian hampir jatuh ketika Insiden Formosan terjadi. Lima puluh empat nelayan Jepang tewas di pulau Formosa (Cina) tetapi pemerintah Cina tidak bertanggung jawab atas hal itu. Perusahaan Yataro awalnya disalahkan, tetapi kemudian keadaan membaik dan bahkan Yataro memenangkan hak untuk mengoperasikan kapal-kapal pemerintah diantaranya kapal transportasi untuk manusia dan material, kemudian perusahaannya mulai berkembang lagi. . Hal ini ditandai dengan
mulainya pertambangan untuk mendapatkan batubara yang dibutuhkan untuk
kapal, pembuatan kapal dari pemerintah untuk memperbaiki kapal yang
digunakan, mendirikan sebuah pabrik besi untuk memasok besi ke pembuatan
kapal, memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman, dan
sebagainya. Kemudian, sumber daya manajerial dan kemampuan teknologi
yang diperoleh melalui pengoperasian kapal yang digunakan untuk
memperluas usaha lebih lanjut ke pembuatan pesawat dan peralatan.
Demikian pula, pengalaman pelayaran luar negeri menyebabkan perusahaan
untuk masuk ke bisnis perdagangan. Perusahaan memulai pertambangan batubara pada 1881
dengan membeli tambang Takashima dan Pulau Hashima pada tahun 1890,
menggunakan produksi untuk bahan bakar armada kapal uap yang luas.
Mereka juga melakukan diversifikasi ke pembuatan kapal, perbankan,
asuransi, pergudangan, dan perdagangan. Kemudian diversifikasi membawa
organisasi ke dalam sektor-sektor seperti kertas, baja, kaca, peralatan
listrik, pesawat, minyak, dan real estat. Mitsubishi sebagai perusahaan
berbasis luas, memainkan peran penting dalam modernisasi industri
Jepang.
Armada pedagang mengadakan periode diversifikasi yang pada akhirnya
akan menghasilkan penciptaan tiga entitas: Mitsubishi Bank (sekarang
bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group) didirikan pada tahun 1919.
Setelah pecah dengan Bank of Tokyo pada tahun 1996, dan UFJ Holdings
pada tahun 2004, Mitshubishi menjadi bank terbesar di Jepang. Mitsubishi Corporation, yang didirikan pada tahun 1950, perusahaan
perdagangan terbesar umum Jepang Mitsubishi Heavy Industries, yang
meliputi perusahaan-perusahaan industri. Mitsubishi Motors, produsen
otomotif terbesar ke 6 diJepang . Mitsubishi Atomic Industry, perusahaan
listrik nuklir. Mitsubishi Chemical, Jepang terbesar perusahaan kimia
Mitsubishi Powersystems, sebuah divisi pembangkit listrik
Perusahaan Mitsubishi
Bagian
- 3 Diamonds Seafood Co.
- Asahi Glass Co.
- The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd.
- Kirin Brewery Co., Ltd.
- Meiji Yasuda Life Insurance Company
- Mitsubishi Agricultural Machinery
- Mitsubishi Aluminum Co., Ltd.
- Mitsubishi Cable Industries, Ltd.
- Mitsubishi Chemical Corporation (bagian dari Mitsubishi Chemical Holdings Corporation)
- Mitsubishi Corporation (perusahaan dagang)
- Mitsubishi Electric Corporation
- Mitsubishi Estate Co., Ltd.
- Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation
- Mitsubishi Gas Chemical Company, Inc.
- Mitsubishi Heavy Industries, Ltd.
- Mitsubishi Kakoki Kaisha, Ltd.
- Mitsubishi Imaging, Inc.
- Mitsubishi Logistics Corporation
- Mitsubishi Materials Corporation
- Mitsubishi Motors (produksi dan penjualan mobil)
- Mitsubishi Paper Mills, Ltd.
- Mitsubishi Plastics, Inc.
- Mitsubishi Rayon Co., Ltd.
- Mitsubishi Research Institute, Inc.
- Mitsubishi Shindoh Co., Ltd.
- Mitsubishi Steel Mfg. Co., Ltd.
- Mitsubishi UFJ Trust and Banking Corporation (bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group)
- Nikon Corporation
- Nippon Oil Corporation
- NYK Line (Nippon Yusen Kabushiki Kaisha)
- P.S. Mitsubishi Construction Co., Ltd.
- Tokio Marine & Nichido Fire Insurance Co., Ltd.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Yataro_Iwasaki
http://id.wikipedia.org/wiki/Mitsubishi
No comments:
Post a Comment