Saturday, March 16, 2013

Mazda

 




Mazda Motor Corporation (マツダ 株式会社 Matsuda Kabushiki-gaisha) Adalah produsen otomotif Jepang yang berbasis di Fuchu, Aki District, Prefektur Hiroshima, Jepang. Pada tahun 2007, Mazda memproduksi hampir 1,3 juta kendaraan untuk penjualan global, yang sebagian besar (hampir 1 juta) diproduksi di pabrik perusahaan Jepang, dengan sisanya berasal dari berbagai tanaman lainnya di seluruh dunia.

Sejarah
Mazda mulai sebagai Toyo Cork Kogyo Co, Ltd, didirikan di Jepang pada tahun 1920. Toyo Cork Kogyo berganti nama sendiri untuk Toyo Kogyo Co, Ltd pada tahun 1927. Toyo Kogyo pindah dari peralatan mesin manufaktur untuk kendaraan dengan pengenalan Mazda-Go pada tahun 1931. Toyo Kogyo memproduksi senjata untuk militer Jepang selama Perang Dunia Kedua, terutama seri 30 sampai 35 Tipe 99 senapan. Perusahaan secara resmi mengadopsi nama Mazda pada tahun 1984, meskipun setiap mobil yang dijual dari awal menanggung nama itu. The R360 Mazda diperkenalkan pada tahun 1960, diikuti oleh mesin Mazda pada tahun 1962. 
Mazda Cosmo Sport
Dimulai pada tahun 1960, Mazda menempatkan upaya rekayasa besar dalam pengembangan mesin rotary Wankel sebagai cara membedakan dirinya dari perusahaan mobil Jepang. Dimulai dengan Sport Cosmo terbatas-produksi 1967 dan berlanjut hingga hari ini dengan RX-8, Mazda telah menjadi produsen tunggal Wankel-jenis mesin terutama dengan cara gesekan (NSU dan Citroën keduanya menyerah pada desain selama 1970, dan Corvette prototipe upaya oleh General Motors tidak pernah berhasil mencapai produksi.)

Upaya ini untuk membawa perhatian pada dirinya sendiri tampaknya membantu, seperti Mazda dengan cepat mulai mengekspor kendaraan. Kedua model piston-powered dan rotary bertenaga membuat jalan mereka di seluruh dunia. Model putar dengan cepat menjadi populer untuk kombinasi kekuatan yang baik dan ringan jika dibandingkan dengan bermesin piston pesaing yang diperlukan V6 berat atau mesin V8 untuk menghasilkan kekuatan yang sama. The R100 dan RX terkenal seri (RX-2, RX-3, dan RX-4) memimpin upaya ekspor perusahaan.  

Selama tahun 1968, Mazda mulai beroperasi resmi di Kanada (MazdaCanada) meskipun Mazdas terlihat di Kanada pada awal tahun 1959. Pada tahun 1970, Mazda secara resmi memasuki pasar Amerika (Mazda Amerika Utara Operasi) dan sangat sukses di sana, akan sejauh untuk menciptakan Pickup Mazda Rotary (berdasarkan pada model piston konvensional bertenaga B-Series) semata-mata untuk pembeli Amerika Utara. Sampai hari ini, Mazda tetap produsen mobil satunya telah menghasilkan sebuah truk pickup Wankel bertenaga. Selain itu, juga merupakan marque hanya pernah menawarkan bus-powered rotary (Parkway Mazda, ditawarkan hanya di Jepang) atau station wagon (dalam RX-3 & RX-4 baris untuk pasar AS).

Keberhasilan rotary Mazda berlanjut sampai terjadinya krisis minyak tahun 1973. Sebagai pembeli Amerika (serta orang-orang di negara-negara lain) dengan cepat berubah menjadi kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, yang rotary bertenaga relatif haus model mulai jatuh dari nikmat. Sebuah Toyo sudah dililit hutang Kogyo berada di ambang kebangkrutan dan hanya diselamatkan melalui intervensi Bank Sumitomo [5]. Bijak, perusahaan tidak benar-benar berbalik pada mesin piston, karena terus menghasilkan berbagai empat- silinder model sepanjang tahun 1970-an. Garis Familia kecil khususnya menjadi sangat penting untuk penjualan di seluruh dunia Mazda setelah tahun 1973, seperti halnya seri Capella agak lebih besar. 
 
Mazda kembali memfokuskan upaya dan membuat mesin rotary pilihan untuk pengendara olahraga daripada powerplant utama. Dimulai dengan ringan RX-7 pada tahun 1978 dan melanjutkan dengan modern RX-8, Mazda terus dedikasi untuk powerplant ini unik. Switch ini dalam fokus juga mengakibatkan perkembangan lain mobil sport ringan, piston bertenaga Mazda Roadster (mungkin lebih dikenal dengan nama di seluruh dunia sebagai MX-5 Miata atau), terinspirasi oleh konsep 'Jinba Itai'. Diperkenalkan pada tahun 1989 untuk pengakuan di seluruh dunia, Roadster telah banyak dikreditkan dengan menghidupkan kembali konsep mobil sport kecil setelah penurunan di akhir 1970-an. 

Kemitraan dengan Ford Motor Company
Dari tahun 1979 sampai 2010, Mazda memiliki kemitraan dengan Ford Motor Company, yang membeli saham 7% pada tahun 1979 dan pada tahun 1996, memiliki 33,3% dari Mazda. Di bawah administrasi Alan Mulally, Ford secara bertahap melakukan divestasi sahamnya di Mazda dari 2008 sampai 2010, dengan Ford saat ini memegang 3% saham Mazda dan memutuskan produksi serta hubungan pembangunan.

Kesulitan keuangan Mazda selama tahun 1960-an mengakibatkan investor perusahaan baru, Ford Motor Company. Dimulai pada tahun 1979 dengan kepemilikan saham 7 persen keuangan, Ford mulai kemitraan dengan Mazda yang dihasilkan dalam proyek bersama berbagai. Selama tahun 1980, Ford memperoleh saham keuangan lain 20 persen. Ini termasuk upaya besar dan kecil di seluruh area lanskap otomotif - terutama di bidang truk pickup (seperti Mazda B-Series, yang melahirkan varian Courier Ford di Amerika Utara pada tahun 1972) dan mobil kecil. Misalnya, Mazda Familia platform yang digunakan untuk model Ford seperti Laser dan Escort, sedangkan arsitektur Capella menemukan jalan ke sedan Ford Telstar dan olahraga Probe model. Pada tahun 2002 Ford mendapatkan sebuah saham 5 persen ekstra keuangan. 

Probe ini dibangun di sebuah pabrik perakitan Mazda baru di Flat Rock, Michigan bersama dengan sedan 626 mainstream (versi Amerika Utara dari Capella) dan pendamping Mazda MX-6 olahraga coupe. (. Tanaman ini sekarang usaha Ford-Mazda sendi dikenal sebagai AutoAlliance International) Ford juga telah meminjamkan Mazda beberapa kapasitasnya bila diperlukan: 121 Mazda yang dijual di Eropa dan Afrika Selatan, untuk sementara waktu, varian Ford Fiesta dibangun di pabrik di Eropa dan Afrika Selatan. Mazda juga telah membuat upaya di masa lalu untuk menjual beberapa mobil Ford di Jepang, terutama melalui kelompok dealer Autorama.

Mazda juga membantu Ford mengembangkan tahun 1991 Explorer, yang dijual sebagai Mazda 2 pintu-satunya Mazda Navajo dari tahun 1991 hingga 1994. Ironisnya, versi Mazda tidak berhasil, sementara Ford (tersedia dari awal sebagai pintu 4-atau 2-pintu model) langsung menjadi penjualan terbaik sport-utility vehicle di Amerika Serikat dan terus gelar itu untuk lebih dari satu dekade. Mazda telah menggunakan Ford pickup Ranger sebagai dasar untuk American-pasar Utara B-Series truk, mulai tahun 1994 dan terus berlanjut sampai 2010, ketika Mazda dihentikan mengimpor B-Series nya truk ke Amerika Utara, karena biaya yang berkaitan dengan Pajak ayam.

Mazda Millenia
Setelah lama dipegang pesona dengan teknologi mesin alternatif, Mazda memperkenalkan mesin Miller siklus pertama untuk penggunaan otomotif dalam sedan mewah Millenia dari 1995. Meskipun Millenia (dan Miller-jenisnya V6 engine) dihentikan pada tahun 2002, perusahaan baru-baru ini memperkenalkan jauh lebih kecil Miller-siklus empat-silinder mesin untuk digunakan dalam itsDemio mulai tahun 2008. Seperti kepemimpinannya dalam teknologi Wankel, Mazda tetap (sejauh ini) hanya untuk mobil telah menggunakan mesin Miller-siklus di alam otomotif.

Kesulitan keuangan lebih lanjut di Mazda selama tahun 1990 (sebagian disebabkan oleh kerugian yang terkait dengan krisis keuangan Asia tahun 1997) menyebabkan Ford untuk meningkatkan sahamnya untuk kepentingan 33,4 persen pengendali di Mei 1996. Pada Juni 1996, Henry Wallace diangkat Presiden, dan ia mulai restrukturisasi Mazda dan pengaturan pada arah strategis baru. Dia meletakkan arah baru untuk merek termasuk desain marque Mazda hadir, ia menggelar rencana produk baru untuk mencapai sinergi dengan Ford, dan ia meluncurkan inovasi digital Mazda program untuk mempercepat pengembangan produk baru. Pada saat yang sama, ia mulai mengambil kendali dari distributor di luar negeri, dealer dirasionalisasikan dan fasilitas manufaktur, dan mengemudi efisiensi sangat dibutuhkan dan pengurangan biaya dalam operasi Mazda. Sebagian besar karya awalnya menempatkan Mazda kembali ke profitabilitas dan meletakkan dasar untuk kesuksesan masa depan. Wallace digantikan oleh James Miller pada bulan November 1997, diikuti pada bulan Desember 1999 oleh Ford Mark Fields eksekutif, yang telah dikreditkan dengan memperluas jajaran produk baru Mazda dan memimpin perubahan selama awal 2000-an. Pengaruh Ford meningkat selama tahun 1990-an memungkinkan Mazda untuk mengklaim perbedaan lain dalam sejarah, setelah dipelihara kepala lahir di negeri asing pertama dari sebuah perusahaan mobil Jepang, Henry Wallace. 

Di tengah krisis keuangan dunia pada musim gugur tahun 2008, muncul laporan bahwa Ford sedang mempertimbangkan penjualan sahamnya di Mazda sebagai cara merampingkan basis asetnya. BusinessWeek menjelaskan aliansi antara Ford dan Mazda telah menjadi salah satu yang sangat sukses , dengan Mazda tabungan mungkin $ 90.000.000 per tahun dalam biaya pengembangan dan Ford "beberapa kali" itu, dan bahwa penjualan sahamnya di Mazda akan menjadi ukuran putus asa [8] Pada tanggal 18 November 2008., Ford mengumumkan bahwa mereka akan menjual 20% saham di Mazda, membawa sahamnya menjadi 13,4%, dan menyerahkan kendali perusahaan. Keesokan harinya, Mazda mengumumkan bahwa, sebagai bagian dari kesepakatan, pihaknya membeli kembali 6,8% dari yang saham dari Ford. Ia juga melaporkan bahwa Hisakazu Imaki akan mengundurkan diri sebagai chief executive, akan digantikan oleh Takashi Yamanouchi Pada tanggal 18 November 2010, Ford mengurangi sahamnya lebih lanjut untuk 3%, mengutip pengurangan kepemilikan akan memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar untuk. mengejar pertumbuhan di pasar negara berkembang. Ford dan Mazda tetap mitra strategis melalui usaha patungan dan pertukaran informasi teknologi.

Mazda sebelumnya digunakan beberapa Marques yang berbeda di pasar (dan kadang-kadang Australia) Jepang, termasuk Autozam, Eunos, dan Ẽfini, yang telah sejak dihapus. Diversifikasi ini menekankan kelompok pengembangan produk di masa lalu Mazda batas-batasnya. Alih-alih memiliki setengah lusin variasi pada platform tertentu, pengembang diminta untuk bekerja pada puluhan model yang berbeda dan konsumen bingung juga dengan ledakan model baru yang serupa. Salah satu sub-Marques paling aneh adalah M2, digunakan pada tiga varian langka Roadster Eunos (M2-1001, M2-1002-1028 dan M2) dan salah satu Autozam AZ-1 (M2-1015). M2 bahkan memiliki sendiri avant-garde kantor pusat perusahaan, tetapi ditutup setelah waktu yang sangat singkat operasi.

Saat ini, mantan Marques ada di Jepang sebagai saluran penjualan (dealer khusus) tetapi tidak lagi memiliki kendaraan bermerek khusus.
The Carol dijual di toko Autozam (yang mengkhususkan diri dalam mobil kecil), tapi itu dijual dengan marque Mazda, bukan sebagai Carol Autozam seperti dulu. Pada awal 1992 Mazda berencana untuk merilis marque mewah, Amati, tantangan Acura, Infiniti, dan Lexus di Amerika Utara, yang adalah untuk mulai menjual pada akhir 1993. Rentang Amati awal akan termasuk 500 Amati (yang menjadi Eunos 800 di Jepang dan Australia, Mazda Millenia di AS, dan Mazda xedos 9 di Eropa), mewah sport coupe berdasarkan Cosmo Mazda dan 1000 Amati (a rear-wheel drive V12 penerus Mazda 929). Marque Amati akhirnya dibatalkan sebelum mobil menghantam pasar. Di Eropa, nama xedos juga dikaitkan dengan xedos Mazda 6, dua model yang di produksi dari tahun 1992 sampai 1997. Garis xedos dipasarkan di bawah marque Mazda, dan Mazda menggunakan lencana dari tahun yang sesuai. 

Kepemimpinan  
  1. Jujiro Matsuda (1921-1951) 
  2. Tsuneji Matsuda (1951-1970)  
  3. Kouhei Matsuda (1970-1977)  
  4. Yoshiki Yamasaki (1977-1984)  
  5. Kenichi Yamamoto (1984-1987)  
  6. Masanori Furuta (1987-1991)  
  7. Yoshihiro Wada (1991-1996)  
  8. Henry Wallace (1996-1997, ditunjuk oleh Ford Motor Company, pertama non-Jepang CEO dari mobil Jepang)  
  9. James E. Miller (1997-1999)  
  10. Mark Fields (1999-2002)  
  11. Lewis Booth (2002-2003)  
  12. Hisakazu Imaki (2003-2008)  
  13. Takashi Yamanouchi (2008-sekarang)   

Lingkungan usaha
Mazda telah melakukan penelitian di kendaraan bertenaga hidrogen selama beberapa dekade. Mazda telah mengembangkan versi hibrida dari minivan Premacy kompak menggunakan versi mesin rotary signature yang mampu berjalan pada hidrogen atau bensin. Meskipun rencana untuk merilisnya pada tahun 2008, sebagai tahun 2010 kendaraan dalam uji terbatas. Pada tahun 2010 Toyota dan Mazda mengumumkan perjanjian pasokan untuk teknologi hybrid yang digunakan dalam model Prius Toyota.

Mazda adalah menemukan sejumlah kegunaan lain dari plastik untuk susu dalam kendaraan karena bertujuan untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Mazda berencana untuk memperkenalkan inovasi - konsol internal yang bioplastik dan bio-kain kursi - di Mazda5 model di EcoInnovasia 2008, di Pusat Konvensi Nasional Ratu Sirikit di Bangkok. Sampai dengan 30% dari bagian-bagian interior dalam Mazda5 terbuat dari bio-bahan komponen.

SKYACTIV Teknologi
SKYACTIV teknologi merupakan nama payung untuk berbagai teknologi yang digunakan dalam beberapa kendaraan Mazda yang baru. Kendaraan ini termasuk Mazda2/Demio, Mazda3/Axela, dan CX-5. Bersama teknologi ini meningkatkan ekonomi bahan bakar ke tingkat yang mirip dengan drivetrain hibrida. Output mesin meningkat dan tingkat emisi yang dikurangi juga. Teknologi ini termasuk mesin kompresi tinggi rasio bensin (14,0 sampai 1), mesin kompresi berkurang diesel (14,0 ke 1) dengan yang baru 2-tahap desain turbocharger, transmisi otomatis yang sangat efisien, transmisi bobot yang lebih ringan manual, desain body ringan dan power steering listrik. Hal ini juga memungkinkan untuk menggabungkan teknologi ini dengan drivetrain hibrida untuk ekonomi bahan bakar yang lebih besar.

Motorsport
Dalam dunia balap, Mazda telah sukses besar dengan kedua Wankel-mesin mobil penandatanganan (dalam dua-rotor, tiga rotor, dan empat-rotor bentuk) serta piston-mesin yang model. Kendaraan Mazda dan mesin bersaing dalam berbagai disiplin ilmu dan seri di seluruh dunia. Mazdas lebih banyak berlari setiap minggu daripada merek mobil lain [rujukan?] (Sebagian besar dari pernyataan ini berbicara kepada keberhasilan Miata dan pelukan secara luas oleh olahraga motor akar rumput).

Kompetisi internasional
Debut kompetisi Mazda adalah pada tanggal 20 Oktober 1968 ketika dua Mazda Cosmo Sport 110S coupe memasuki jam 84 Marathon de la Route ultra-lomba ketahanan di Nurburgring, salah satu finishing di tempat keempat dan yang lainnya melanggar poros setelah 81 jam. Tahun berikutnya, Mazda Mazda Familia R100 berlari M10A coupe. Setelah memenangi Grand Prix Singapura pada bulan April 1969 dan datang kelima dan keenam di Spa 24 Hours (dipukuli hanya oleh Porsche 911s), pada tanggal 19 Oktober 1969, Mazda kembali memasuki balapan 84 jam Nürburgring dengan empat familias. Hanya salah satu selesai, mengambil tempat kelima.  Kemenangan balap pertama oleh sebuah mobil bermesin Wankel di Amerika Serikat pada tahun 1973, ketika Pat Bedard memenangkan perlombaan IMSA RS di Lime Rock Park di Mazda RX-2.

Pada tahun 1976, Ray Walle, pemilik Z & W Mazda, mengendarai Cosmo (Mazda RX-5) dari dealer di Princeton, New Jersey, untuk Daytona, memenangkan Kelas Touring bawah 2,5 liter pada 24 Hours of Daytona, dan melaju mobil
kembali ke New Jersey. The Cosmo ditempatkan 18 secara keseluruhan dalam bidang 72. Satu-satunya modifikasi balap bantalan rem, knalpot, dan peralatan keselamatan. Setelah keberhasilan substansial oleh Mazda RX-2 dan Mazda RX-3, Mazda RX-7 telah memenangkan lebih IMSA ras di kelasnya dibandingkan model lain dari mobil, dengan kemenangan keseratus pada tanggal 2 September 1990. Setelah itu, RX-7 ₩ kelasnya dalam 24 Jam IMSA ras Daytona sepuluh tahun berturut-turut, mulai tahun 1982. RX-7 memenangkan IMSA Grand Touring Dalam Dua Liter (GTU) kejuaraan setiap tahun dari 1980 sampai 1987, inklusif.

Pada tahun 1991, empat-rotor Mazda 787B (2622 cc yang sebenarnya, dinilai oleh rumus FIA pada 4708 cc) memenangkan 24 Jam ras auto Le Mans langsung. Kemenangan 787B itu tetap tak tertandingi, karena tetap mobil non-bermesin piston hanya pernah menang di Le Mans, dan Mazda masih satu-satunya tim dari Eropa Barat di luar atau Amerika Serikat telah menang di Le Mans - ironisnya setelah Nissan telah ditutup World Sportscar Championship program dan Toyota telah memilih untuk mengambil cuti panjang untuk sebagian besar tahun 1991 dalam rangka untuk mengembangkan 3,5-liter TS010 nya. Hal ini menyebabkan larangan pada mesin rotary dalam perlombaan Le Mans mulai pada tahun 1992, yang sejak itu telah dibatalkan. Setelah perlombaan 1991, mesin menang adalah publik dibongkar untuk pemeriksaan internal, yang menunjukkan bahwa meskipun 24 jam penggunaan sangat keras itu telah mengumpulkan memakai sangat sedikit.

The Le Mans menang pada tahun 1991 diikuti satu dekade menang kelas dari prototipe Mazda lainnya, termasuk 757 dan 767. The Sigma MC74 didukung oleh mesin 12A Mazda adalah mesin pertama dan tim dari Eropa Barat atau luar Amerika Serikat untuk menyelesaikan 24 jam seluruh perlombaan Le Mans, pada tahun 1974. Mazda juga merupakan finisher yang paling dapat diandalkan di Le Mans (dengan pengecualian dari Honda, yang telah dimasukkan hanya tiga mobil dalam satu tahun), dengan 67% dari entri finishing. Mazda akan kembali ke balap prototipe tahun 2005 dengan pengenalan mobil C65 Courage LMP2 di balapan Le Mans Series Amerika di Road Atlanta. Pembalap ini prototipe menggunakan Wankel Renesis dari RX-8.

Mazdas juga menikmati sukses besar dalam kompetisi Kecepatan Dunia Land, kompetisi SCCA, drag racing, kompetisi reli pro (Familia muncul di WRC beberapa kali selama '80-an dan awal 90-an), Lap Satu ras America (menang SUV & truk di MazdaSpeed5), dan tempat-tempat lainnya. Mesin Wankel telah dilarang untuk beberapa waktu dari internasional balap Formula Satu, [rujukan?] Serta dari Amerika Serikat balap cebol, setelah Gene Angelillo memenangkan Timur cebol Racing Association kejuaraan pada tahun 1985 dengan mobil didukung oleh mesin 13B, dan lagi pada tahun 1986 di mobil didukung oleh mesin 12A.


sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Mazda




1 comment: