Porsche Automobil Holding SE, biasanya disingkat menjadi Porsche
(pengucapan Jerman: [pɔʁʃə]) atau Porsche SE, Perusahaan Publik Eropa, adalah
perusahaan holding Jerman dengan investasi di industri otomotif. Porsche SE berkantor pusat di Zuffenhausen, sebuah distrik kota Stuttgart,
Baden-Württemberg dan dimiliki oleh keluarga Piech dan Porsche, dan Qatar
Holdings, melalui Qatar Investment Authority (10%). Porsche memiliki 50.73%
dari suara yang hak di Volkswagen AG, dan 50,1% dari GmbH Zwischenholding
Porsche, yang memiliki 100% dari Dr Ing. h.c. F. Porsche AG, produsen berbagai
mobil sport dan SUV.Pada Juli 2012, diumumkan bahwa Volkswagen AG adalah
mengambil alih perusahaan otomotif Porsche sepenuhnya, yang menyandang nama
yang sama, tetapi hanya anak perusahaan dari Porsche SE. Perusahaan ini
didirikan di Stuttgart sebagai Dr Ing. h.c. F. Porsche GmbH pada tahun 1931
oleh Ferdinand Porsche, seorang insinyur Austria lahir di Maffersdorf, pada
masa Kekaisaran Austro-Hungaria, dan Anton Piech, seorang
pengacara Austria.
Struktur Perusahaan
Porsche SE dimiliki
Dr Ing. h.c. F. Porsche AG (Porsche AG), dan pada bulan
Juni 2007 menjadi perusahaan holding sahamnya di Zwischenholding Porsche GmbH
(50,1%) (yang pada gilirannya memegang 100% dari Porsche AG) dan Volkswagen AG
(50,7%). Pada bulan Agustus 2009, Porsche SE dan Volkswagen AG mencapai
kesepakatan bahwa kedua perusahaan akan bergabung pada tahun 2011, untuk
membentuk "Kelompok Otomotif Terpadu". Selama Desember 2009, Porsche SE kehilangan kendali Zwischenholding
Porsche GmbH, yang akibatnya sekarang menjadi perusahaan patungan antara
Porsche SE dan Volkswagen AG. Seperti dari 5 Juli 2012, Volkswagen adalah untuk
memperoleh persen 50,1 persen Porsche yang tidak sudah menahan dari induk
perusahaan Porsche SE untuk € 4460000000 ditambah satu saham Volkswagen.
Dr Ing. h.c. F. Porsche AG (yang merupakan singkatan Doktor Ingenieur honoris causa Ferdinand Porsche Aktiengesellschaft), bertanggung jawab untuk produksi aktual dan pembuatan jalur mobil Porsche. Perusahaan saat ini memproduksi Porsche 911, Boxster dan Cayman mobil sport, olahraga kendaraan Cayenne utilitas dan empat pintu Panamera.
Anak perusahaan lainnya dan divisi operasi termasuk Consulting Porsche, Teknik Porsche, Porsche Design Group, Mieschke Hofmann und Partner (81,1%) dan Bertrandt (25%). Porsche Engineering Group (PEG) telah bertahun-tahun menawarkan jasa konsultasi ke berbagai produsen mobil lainnya. Audi, Mercedes, Opel, Studebaker, SEAT, Daewoo, Subaru, Mobil Zastava dan lain-lain telah berkonsultasi Engineering Group Porsche untuk mobil atau mesin. The Samara Lada sebagian dikembangkan oleh Porsche pada tahun 1984. Porsche Engineering Group juga membantu Harley-Davidson desain Revolusi 60 derajat v-twin berpendingin air mesin dan gearbox yang digunakan dalam V-Rod sepeda motor mereka.
Sejarah
Ferdinand Porsche mendirikan perusahaan bernama "Dr Ing hc F.. Porsche
GmbH" pada tahun 1931, dengan kantor utama di Kronenstrasse 24 di pusat
Stuttgart. Awalnya, perusahaan menawarkan kendaraan bermotor pekerjaan
pembangunan dan konsultasi, tetapi tidak membangun setiap mobil di bawah
namanya sendiri. Salah satu tugas pertama perusahaan baru yang diterima adalah
dari pemerintah Jerman untuk merancang mobil untuk rakyat, yang merupakan
"Volkswagen" [16] Hal ini mengakibatkan Volkswagen Beetle, salah satu
desain mobil yang paling sukses sepanjang masa.The 64 Porsche dikembangkan pada
tahun 1939 dengan menggunakan banyak komponen dari Beetle.
Selama Perang Dunia, produksi Volkswagen beralih ke versi militer Volkswagen Beetle, yang Kubelwagen, 52.000 diproduksi, dan Schwimmwagen, 14.000 diproduksi. Porsche menghasilkan beberapa desain untuk tank berat selama perang, kalah dari Henschel & Son di kedua kontrak yang akhirnya menyebabkan saya Tiger dan Tiger II. Namun, tidak semua pekerjaan ini sia-sia, karena Porsche chassis dirancang untuk Tiger saya digunakan sebagai dasar untuk tank perusak Elefant. Porsche juga mengembangkan tangki super berat Maus pada tahap penutupan perang, menghasilkan dua prototip.
Pada akhir Perang Dunia II pada tahun 1945, pabrik Volkswagen di KdF-Stadt jatuh ke Inggris. Ferdinand kehilangan posisinya sebagai Ketua Dewan Manajemen Volkswagen, dan Ivan Hirst, seorang Mayor tentara Inggris, ditugaskan dari pabrik. (Di Wolfsburg, majalah perusahaan Volkswagen menjulukinya " Mayor Inggris yang menyelamatkan Volkswagen.") Pada tanggal 15 Desember tahun itu, Ferdinand ditangkap karena kejahatan perang. Selama 20 bulan penjara, putra Ferdinand Porsche, Ferry Porsche, memutuskan untuk membangun mobil sendiri, karena ia tidak bisa menemukan yang sudah ada bahwa dia ingin membeli. Ia juga harus mengarahkan perusahaan melalui beberapa hari yang paling sulit sampai rilis ayahnya pada bulan Agustus 1947. Model pertama apa yang menjadi 356 dibangun di sebuah sawmill kecil di Gmünd, Austria. Ketika pre-order mencapai ambang batas yang ditetapkan, produksi dimulai. Porsche menugaskan sebuah perusahaan yang berbasis di Zuffenhausen, Reutter KAROSSERIE, yang sebelumnya bekerja sama dengan perusahaan pada prototipe Volkswagen Beetle, untuk menghasilkan tubuh baja 356 itu. Pada tahun 1952, Porsche dibangun sebuah pabrik perakitan (Werk 2) di seberang jalan dari Reutter KAROSSERIE, jalan utama di depan Werk 1, bangunan Porsche tertua, yang sekarang dikenal sebagai Porschestrasse. The 356 adalah jalan bersertifikat pada tahun 1948.
Lambang Stuttgart
Logo perusahaan Porsche didasarkan pada lambang Negara Orang Bebas tentang
Württemberg mantan Weimar Jerman, yang memiliki Stuttgart sebagai ibukotanya
dan menjadi bagian dari Baden-Württemberg setelah konsolidasi politik dari
Jerman Barat pada tahun 1949. Tak lama kemudian, pada tanggal 30 Januari 1951,
Ferdinand Porsche meninggal akibat komplikasi setelah stroke.
Pasca-perang Jerman, bagian yang umumnya dalam pasokan pendek, sehingga mobil 356 menggunakan komponen dari Volkswagen Beetle, termasuk mesin pembakaran internal, transmisi, dan suspensi. The 356, bagaimanapun, memiliki beberapa tahap evolusi, A, B, dan C, sedangkan di produksi, dan banyak Volkswagen bagian digantikan oleh Porsche buatan bagian. The 356s terakhir yang didukung oleh Porsche seluruhnya dirancang mesin. The bodywork ramping ini dirancang oleh Erwin Komenda yang juga telah mendesain tubuh Beetle. Desain tanda tangan Porsche ini telah, sejak awal, fitur berpendingin udara belakang mesin konfigurasi (seperti Beetle), jarang produsen mobil lainnya, namun mobil produksi yang sangat seimbang.
Pada tahun 1964, setelah beberapa keberhasilan di motor-balap, yaitu dengan
Spyder Porsche 550, perusahaan meluncurkan Porsche 911 lain berpendingin udara,
rear-mobil sport bermesin, kali ini dengan mesin enam silinder
"petinju". Tim untuk lay out desain cangkang dipimpin oleh putra
Ferry Porsche tertua, Ferdinand Alexander Porsche (FA). Tahap desain untuk 911
menyebabkan masalah internal dengan Erwin Komenda, yang memimpin departemen
desain bodi sampai saat itu. FA Porsche mengeluh Komenda membuat perubahan
tidak sah terhadap desain. Perusahaan pemimpin Ferry Porsche mengambil gambar
anaknya untuk Reuter chassis produsen tetangga. Lokakarya Reuter kemudian
diakuisisi oleh Porsche (disebut Werk 2). Setelah itu Reuter menjadi produsen
kursi, saat ini dikenal sebagai Keiper-Recaro.
Kelompok desain memberikan nomor urut untuk setiap proyek (356, 550, dll), tetapi 901 ditunjuk nomenklatur melanggar merek dagang Peugeot pada semua 'x0x' nama, sehingga telah disesuaikan ke 911. Model Racing berpegang pada urutan "benar" penomoran:, 904 906, 908. 911 telah menjadi model Porsche paling terkenal dan ikonik - sukses di trek balap-, dalam aksi unjuk rasa, dan dalam hal penjualan mobil jalan. Jauh lebih banyak daripada model lain, merek Porsche didefinisikan oleh 911. Masih dalam produksi, namun, setelah beberapa generasi revisi, saat-model berbagi 911s hanya konsep mekanik dasar dari sebuah coupé belakang bermesin, enam silinder, dan isyarat styling dasar dengan mobil aslinya. Sebuah model biaya-rendah dengan tubuh yang sama, namun 356-berasal gigi berjalan (termasuk empat-silinder nya), dijual sebagai 912.
Pada tahun 1972, bentuk hukum perusahaan diubah dari Kommanditgesellschaft (KG), atau kemitraan terbatas, untuk Aktiengesellschaft (AG), atau perusahaan publik terbatas, karena Ferry Porsche dan saudara perempuannya, Louise Piech, merasa anggota generasi mereka tidak bekerjasama dengan baik. Hal ini menyebabkan fondasi sebuah Dewan Eksekutif yang anggotanya berasal dari luar keluarga Porsche, dan Dewan Pengawas sebagian besar terdiri dari anggota keluarga. Dengan perubahan ini, tidak ada anggota keluarga yang bertanggung jawab operasional perusahaan. FA Porsche mendirikan perusahaan desain sendiri, Porsche Design, yang terkenal karena kacamata eksklusif, jam tangan, furniture, dan banyak artikel mewah lainnya. Ferdinand Piech, yang bertanggung jawab untuk pengembangan mekanik mobil Porsche serial dan balap, membentuk biro teknik sendiri, dan mengembangkan mesin diesel lima silinder inline-untuk Mercedes-Benz. Beberapa waktu kemudian ia pindah ke Audi, dan meniti karir melalui seluruh perusahaan.
Grup Volkswagen.
The Chief Executive Officer pertama (CEO) dari Porsche AG adalah Dr Ernst
Fuhrmann, yang telah bekerja dalam pengembangan mesin perusahaan. Fuhrmann
bertanggung jawab untuk mesin Fuhrmann-disebut digunakan dalam model Carrera
356, serta 550 Spyder, memiliki empat biaya overhead camshaft bukannya camshaft
pusat dengan pushrods, seperti dalam Volkswagen yang diturunkan mesin serial.
Ia berencana untuk menghentikan 911 selama tahun 1970-an, dan menggantinya
dengan bermesin V8-depan grand sportswagon 928. Seperti yang kita ketahui hari
ini, 911 yang hidup lebih lama dibandingkan 928 jauh. Fuhrmann diganti pada
awal tahun 1980 oleh Peter W. Schutz, manajer Amerika dan memproklamirkan diri
aficionado 911. Ia kemudian digantikan pada tahun 1988 oleh mantan manajer
komputer perusahaan Jerman Nixdorf Computer AG, Arno Bohn, yang membuat
beberapa kesalahan perhitungan mahal yang menyebabkan pemecatannya segera
setelah itu, bersama dengan itu dari direktur pengembangan, Dr Ulrich Bez, yang
sebelumnya bertanggung jawab atas Z1 Model BMW, dan hari ini adalah CEO Aston
Martin.
Generasi kedua Porsche 911 (964), diperkenalkan pada tahun 1989, adalah orang pertama yang akan ditawarkan dengan transmisi Tiptronic Porsche.
Generasi kedua Porsche 911 (964), diperkenalkan pada tahun 1989, adalah orang pertama yang akan ditawarkan dengan transmisi Tiptronic Porsche.
Pada tahun 1990, Porsche menyusun nota kesepahaman dengan Toyota untuk belajar dan manfaat dari Jepang metode lean manufacturing. Pada tahun 2004 dilaporkan bahwa Toyota sedang membantu Porsche dengan teknologi hybrid. Setelah pemecatan Bohn, seorang CEO interim diangkat, karyawan Porsche lama, Heinz Branitzki, yang bertugas di posisi tersebut sampai Wendelin Wiedeking menjadi CEO pada tahun 1993. Wiedeking mengambil alih pimpinan dewan pada saat Porsche muncul rentan terhadap pengambilalihan oleh perusahaan yang lebih besar. Selama masa yang panjang, Wiedeking telah mengubah Porsche menjadi perusahaan yang sangat efisien dan menguntungkan.
Cucu Ferdinand Porsche, Ferdinand Piech, adalah ketua dan CEO dari Grup Volkswagen 1993-2002. Hari ini ia adalah ketua Dewan Pengawas. Dengan 12,8 persen saham Porsche suara, ia juga tetap menjadi pemegang saham individu terbesar kedua dari Porsche AG setelah sepupunya, FA Porsche, (13,6 persen). 2002 pengenalan Porsche Cayenne juga dari menandai peresmian fasilitas produksi baru di Leipzig, Saxony, yang pernah menyumbang hampir setengah dari produksi tahunan Porsche. Pada tahun 2004, produksi 456 kilowatt (620 PS; 612 bhp) Carrera GT dimulai di Leipzig, dan pada EUR 450.000 ($ 440.000 di Amerika Serikat) itu adalah produksi yang paling mahal model Porsche yang pernah dibangun.
Pada 2005, keluarga Porsche dan Piech diperpanjang menguasai semua saham voting Porsche AG. Pada awal Oktober 2005 perusahaan mengumumkan akuisisi dari saham 18,53% di Volkswagen AG (VW AG), dan diungkapkan niat untuk mengakuisisi tambahan saham VW AG di masa depan. Pada Juni 2006, saham Porsche AG di VW AG meningkat menjadi 25,1%, memberikan Porsche minoritas memblokir, dimana Porsche bisa memveto keputusan perusahaan besar yang dilakukan oleh VW AG. Pada pertengahan-2006, setelah bertahun-tahun Boxster (dan kemudian Cayenne) sebagai Porsche yang dominan di Amerika Utara, 911 yang kembali posisinya sebagai backbone Porsche di wilayah tersebut. The Cayenne dan 911 memiliki bersepeda sebagai model terlaris sejak. Di Jerman 911 jelas outsells Boxster / Cayman dan Cayenne.
Pada Mei 2011, Mobil Porsche Amerika Utara mengumumkan rencana untuk menghabiskan $ 80 - $ 100 juta, tetapi akan menerima sekitar $ 15 juta insentif ekonomi untuk memindahkan markas mereka di Amerika Utara dari Sandy Springs, pinggiran kota Atlanta, untuk Aerotropolis Atlanta, baru mixed-use pembangunan di lokasi pabrik Hapeville tua Ford berdekatan dengan bandara Atlanta [25]. Dirancang oleh HOK perusahaan arsitektur, kantor pusat akan mencakup gedung perkantoran baru dan jalur uji.
Hubungan dengan Volkswagen
Perusahaan selalu memiliki hubungan dekat dengan, awalnya, Volkswagen (VW)
marque, dan kemudian, Volkswagen Group (yang juga memiliki Audi AG), karena
Volkswagen Beetle pertama dirancang oleh Ferdinand Porsche. Kedua perusahaan
bekerja sama pada tahun 1969 untuk membuat VW-Porsche 914 dan 914-6, dimana
914-6 memiliki mesin Porsche, dan 914 memiliki mesin Volkswagen, pada tahun
1976 dengan 912E Porsche (USA saja) dan 924 Porsche , yang digunakan banyak
komponen Audi, dan dibangun di pabrik Neckarsulm Audi. Porsche 944s juga
dibangun di sana, meskipun mereka menggunakan komponen Volkswagen jauh lebih
sedikit. The Cayenne, diperkenalkan pada tahun 2002, saham seluruh chassis
dengan Volkswagen Touareg dan Audi Q7, yang dibangun di pabrik Volkswagen Group
di Bratislava. Pada akhir tahun 2005, Porsche mengambil saham 18,65% di Grup
Volkswagen, lanjut penyemenan hubungan mereka, dan mencegah pengambilalihan
Volkswagen Group, yang dikabarkan pada saat itu. Pelamar berspekulasi termasuk
DaimlerChrysler AG, BMW, dan Renault.
Pada tanggal 26 Maret 2007, Porsche mengambil sahamnya saham Volkswagen AG menjadi 30,9%, memicu tawaran pengambilalihan bawah hukum Jerman. Porsche kemudian secara resmi diumumkan dalam sebuah pernyataan pers bahwa ia tidak bermaksud untuk mengambil alih Volkswagen Group (itu akan menetapkan harga penawaran sebesar nilai hukum serendah mungkin), tetapi dimaksudkan langkah untuk menghindari pesaing mengambil saham besar, dan untuk menghentikan hedge fund pembongkaran Volkswagen Group, yang merupakan mitra Porsche yang paling penting. bergerak Porsche datang setelah Uni Eropa bergerak melawan hukum Jerman yang dilindungi Volkswagen AG dari pengambilalihan. Berdasarkan Undang-Undang Volkswagen disebut, setiap pemegang saham dengan lebih dari 20% hak suara memiliki hak veto terhadap setiap keputusan perusahaan dalam rapat umum tahunan - pada dasarnya, setiap pemegang saham di VW AG tidak bisa berolahraga lebih dari 20% dari voting perusahaan hak, terlepas dari tingkat mereka memegang saham. (Pemerintah negara setempat Lower Saxony memiliki 20,1% saham) Namun, Pengadilan Eropa memutuskan melawan hukum, berpotensi membuka jalan bagi pengambilalihan.
Pada tanggal 16 September 2008, Porsche meningkatkan kepemilikannya% lagi 4,89, pada hakekatnya mengambil kendali perusahaan, dengan lebih dari 35% hak suara. Ini lagi memicu tawaran pengambilalihan, tapi kali ini selama Audi. Porsche menolak tawaran sebagai formalitas belaka, karena niat Porsche untuk menjaga struktur perusahaan dari Grup Volkswagen. Ada beberapa ketegangan dan kecemasan di antara pekerja Grup Volkswagen, yang takut bahwa pengambilalihan Porsche mungkin menandakan efisiensi produksi kontrol mengeras, penolakan tuntutan kenaikan pembayaran atau pemotongan bahkan personel.
Pada tanggal 13 Agustus 2009, Dewan Pengawas Volkswagen AG menandatangani perjanjian untuk menciptakan sebuah "kelompok otomotif terpadu" dengan Porsche, yang dipimpin oleh Volkswagen AG. Volkswagen awalnya akan mengambil saham 49,9 persen di Porsche AG pada akhir tahun 2009, dan juga akan melihat pemegang saham keluarga menjual bisnis mobil perdagangan Salzburg Memegang Porsche Volkswagen AG. Pada tanggal 5 Juli 2012, Volkswagen AG mengumumkan kesepakatan dengan Porsche mengakibatkan kepemilikan penuh VW Porsche pada tanggal 1 Agustus 2012. Kesepakatan itu diklasifikasikan sebagai restrukturisasi daripada pengambilalihan karena pengalihan saham tunggal sebagai bagian dari kesepakatan. Volkswagen AG membayar pemegang saham Porsche $ 5610000000 untuk% sisanya 50,1 itu tidak sendiri.
Porsche untuk meluncurkan enam baru dealerships.New Pusat Porsche akan
beroperasi pada tahun 2013. Sementara fasilitas untuk menerima pesanan
kendaraan dalam waktu yang berarti. Kinerja divisi mobil Volkswagen Group,
Porsche telah mengumumkan struktur harga baru dan enam Pusat Porsche baru.
Restrukturisasi Perusahaan
Melalui akuisisi saham Volkswagen AG, Porsche direformasi struktur
perusahaan, dengan Dr Ing. h. c. F. Porsche AG menjadi perusahaan induk,
berganti nama menjadi "Porsche Automobil Holding SE", dan baru Dr
Ing. h. c. F. Porsche AG perusahaan operasi yang dibentuk pada tahun 2007. Dengan
demikian aktivitas operasi dipisahkan dari induk kegiatan perusahaan. Ada Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) bagi pemegang saham Porsche AG yang
berlangsung Pada 26 Juni 2007 , di Arena Porsche di Stuttgart, Jerman untuk
membahas perubahan struktur perusahaan. Pada akhir 2009 VW (yang juga memiliki
Audi) membeli hak untuk mengendalikan Porsche.
Pada tanggal 3 Maret 2007, Porsche menetapkan panggung untuk mendapatkan saham pluralitas di AG Volkswagen. Satu hari kemudian Porsche mencoba meredam kekhawatiran itu akan berusaha untuk memaksa merger dengan Volkswagen Group. Pada bulan September, Porsche memiliki saham pluralitas 35.14% di Volkswagen AG, efektif memberikan kontrol atas perusahaan Volkswagen Group diharapkan. bergerak, dan menyambut investasi Porsche.
Pada bulan Oktober 2008, Porsche mengumumkan niat untuk meningkatkan sahamnya di Volkswagen AG menjadi 75% selama tahun 2009, dan pada tanggal 7 Januari 2009, memegang Porsche di VW AG dinaikkan menjadi 50.76%. Bergerak Porsche otomatis memicu tawaran untuk Scania AB , karena VW AG telah memiliki posisi pengendali dalam pembuat-truk Swedia. Sebagai Porsche tidak memiliki kepentingan strategis dalam perusahaan, pada tanggal 19 Januari, mereka menawarkan harga minimum dalam tawaran pengambilalihan wajib. [46] Porsche SE yang dimiliki 50,8 persen dari Volkswagen Group sebagai dari 5 Januari 2009, dan memiliki mengatakan pihaknya berencana untuk mengangkat saham untuk 75 persen sebelum akhir tahun 2009, pada tingkat bahwa mereka bisa membawa uang tunai VW AG ke buku Porsche.
Pada Maret 2009, Porsche SE yang bertujuan untuk peringkat pertama credit pernah dari lembaga pemeringkat AS Standard & Poor dan Moody. Dalam upaya untuk mengakuisisi mayoritas kepemilikan di Volkswagen AG, Porsche membangun beban utang yang besar, diperburuk oleh pajak jatuh tempo pada keuntungan kertas yang sangat besar dari pilihan Volkswagen AG. Pada bulan Juli 2009, Porsche dihadapkan dengan utang melebihi 10 miliar euro. Dewan pengawas Porsche akhirnya sepakat untuk beberapa pengaturan dimana Qatar Investment Authority akan menyuntikkan sejumlah besar modal, dan Porsche akan bergabung dengan Volkswagen Group. Pada tanggal 23 Juli 2009, Michael Macht diangkat CEO, menggantikan Wendelin Wiedeking, yang diperkirakan akan menerima paket kompensasi sebesar 50 juta euro. Pada bulan Juli 2010, Porsche ditunjuk Volkswagen eksekutif Matthias Müller ke posisi CEO baru, pindah Michael Macht ke posisi lain eksekutif dalam Volkswagen AG.
Produksi dan penjualan
Kantor pusat dan pabrik utama berada di Zuffenhausen, sebuah distrik di
Stuttgart, tetapi model Cayenne dan Panamera diproduksi di Leipzig, Jerman, dan
bagian untuk SUV juga dirakit di pabrik Volkswagen Touareg di Bratislava,
Slovakia. Boxster dan produksi Cayman adalah outsourcing ke Valmet Automotive
di Finlandia 1997-2011, dan pada tahun 2012 produksi pindah ke Jerman. Perusahaan
telah sangat sukses dalam beberapa kali, dan memang mengklaim memiliki
keuntungan tertinggi per unit dijual dari setiap perusahaan mobil di dunia.
Model
Berbagai model Porsche saat ini meliputi mobil sport roadster dari Boxster
dengan produk mereka yang paling terkenal, 911. The Cayman adalah mobil hard
top yang mirip dengan Boxster. Cayenne adalah mid-size mewah Porsche sport
utility vehicle (SUV). Sebuah sedan mewah kinerja tinggi sedan/, Panamera,
diluncurkan pada tahun 2009.
Porsche Boxster
Porsche Panamera di Jerman
Porsche Cayenne di Jerman
356
911 4-kursi coupe, targa dan cabriolet
911 GT1 Straßenversion
912
914
918 Spyder
924
928 4-kursi besar tourer
930
944
959
968
Boxster 2-seat roadster
Carrera GT
Cayman 2-seat coupe
Cayenne SUV
Macan SUV (diharapkan 2013)
Panamera 4-kursi sedan sport
Racing model
64
360 Cisitalia
550 Spyder
718
787
804
904
906
907
908
909 Bergspyder
910
917
918 RSR
934
935
936
956
961
962
Porsche-March 89P
WSC-95 / LMP1-98
LMP2000 (pernah berlari)
RS Spyder (9R6)
Porsche Le Mans 2.014 Proyek
Prototip dan mobil konsep
Porsche Boxster Konsep
Porsche 114
Porsche 356/1
Porsche 695 (911 prototipe)
Porsche 901 (911 prototipe)
Porsche 916 (flat-6 914)
Porsche 918 Spyder
Porsche 942
Porsche 959 Prototipe
Porsche 969
Porsche 989
Porsche Boxster Konsep
Porsche C88
Porsche Macan
Porsche Panamericana
Traktor
Porsche Type 110
Porsche AP Series
Porsche Junior (14 hp)
Porsche Standard (25 hp)
Porsche Super (38 hp)
Porsche Guru (50 hp)
Porsche 312
Porsche 108F
Porsche R22
Hybrid dan kendaraan listrik
Untuk rincian tentang mobil Porsche 911 berbasis semua-listrik, lihat ERuf
Model. Pada tahun 2010 Porsche Cayenne Hybrid meluncurkan dan mengumumkan Hybrid
Panamera dan konsep 918 Spyder juga menampilkan sistem hybrid. Sudah
diperkirakan sebelumnya bahwa Porsche berencana untuk menawarkan versi listrik
dari 911 Porsche tapi ini belum resmi diumumkan.
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Porsche
No comments:
Post a Comment