Friday, April 19, 2013

Aston Martin





Aston Martin Lagonda Limited merupakan produsen mobil sport Inggris mewah. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1913 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford. Dari tahun 1994 sampai tahun 2007, Aston Martin adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Ford Motor Company, menjadi bagian dari Ford Premier Automotive Group ketika dibentuk pada tahun 2000. Pada bulan Maret 2007, konsorsium investor yang dipimpin oleh bos Prodrive David Richards membeli 90% dari Aston Martin untuk £ 479.000.000, dengan Ford mempertahankan £ 40.000.000 saham. Pada bulan Desember 2012, Italia Investindustrial reksa dana saham menandatangani kesepakatan untuk membeli 37,5% dari Aston Martin, investasi £ 150,000,000 sebagai peningkatan modal.


Sejarah

Aston Martin didirikan pada tahun 1913 oleh Lionel Martin dan Robert Bamford.  Mereka berdua bergabung sebagai Bamford & Martin tahun sebelumnya untuk menjual mobil yang dibuat oleh Singer dari tempat di Callow Street, London di mana mereka juga dilayani GWK dan Calthorpe kendaraan. Martin berlari spesial di Aston Hill dekat Aston Clinton, dan pasangan memutuskan untuk membuat kendaraan mereka sendiri. Mobil pertama yang diberi nama Aston Martin diciptakan oleh Martin dengan memasang mesin Coventry-Simplex empat silinder dengan sasis dari 1908 Isotta-Fraschini.

Mereka memperoleh tempat di Henniker Tempat di Kensington dan diproduksi mobil pertama mereka pada bulan Maret 1915. Produksi tidak dapat memulai karena pecahnya Perang Dunia I, dan Martin bergabung dengan Admiralty dan Bamford Royal Army Service Corps. Semua mesin dijual ke Sopwith Aviation Company.

 


Tahun perang

Setelah perang, perusahaan didirikan kembali di Abingdon Road, Kensington dan sebuah mobil baru yang dirancang untuk membawa nama Aston-Martin. Bamford tersisa di tahun 1920 dan perusahaan ini direvitalisasi dengan dana dari Hitung Louis Zborowski. Pada tahun 1922, Bamford & Martin diproduksi mobil untuk bersaing di Grand Prix Prancis, yang kemudian mengatur kecepatan dunia dan catatan ketahanan di Brooklands. Tiga karya Tim Mobil dengan 16-katup twin cam mesin dibangun untuk balap dan pemecah rekor: nomor sasis 1914, kemudian dikembangkan sebagai Green Pea, nomor sasis 1915, Razor blade rekor mobil, dan nomor sasis 1916, kemudian dikembangkan sebagai Halford Khusus.

Sekitar 55 mobil yang dibangun untuk dijual dalam dua konfigurasi, sasis panjang dan sasis pendek. Perusahaan bangkrut pada tahun 1924 dan dibeli oleh Lady Charnwood, yang menaruh anaknya John Benson di papan tulis. Perusahaan gagal lagi pada tahun 1925 dan pabrik ditutup pada tahun 1926, dengan Lionel Martin meninggalkan.

Belakangan tahun itu, Bill Renwick, Augustus (Bert) Bertelli dan investor yang termasuk Lady Charnwood mengambil alih perusahaan. Mereka menamainya Aston Martin Motors dan pindah ke mantan Whitehead Pesawat Terbatas bekerja di Feltham. Renwick dan Bertelli telah dalam kemitraan beberapa tahun dan telah mengembangkan mesin empat silinder biaya overhead-cam menggunakan dipatenkan desain ruang pembakaran Renwick, yang mereka telah diuji dalam chassis Allday Enfield. Satu-satunya "Renwick dan Bertelli" mobil dibuat, itu dikenal sebagai "Buzzbox" dan masih bertahan.

Pasangan ini telah merencanakan untuk menjual mesin mereka untuk produsen motor, tapi setelah mendengar bahwa Aston Martin tidak lagi dalam produksi menyadari bahwa mereka bisa memanfaatkan reputasinya untuk melompat memulai produksi sepenuhnya mobil baru.

Antara 1926 dan 1937 Bertelli adalah baik direktur teknis dan desainer dari semua baru Aston Martins, karena dikenal sebagai "mobil Bertelli". Mereka termasuk 1 ½ liter "T-jenis", "Internasional", "Le Mans", "MKII" dan derivatif balap nya, "Ulster", dan 2-liter 15/98 dan turunan balap nya, "Kecepatan Model ". Kebanyakan terbuka mobil sport dua tempat duduk bertubuh oleh Bert Bertelli saudara Enrico (Harry)
.

Bertelli adalah seorang pembalap yang kompeten tertarik untuk balapan mobil nya, salah satu dari beberapa pemilik / produsen / driver. The "LM" mobil tim yang sangat sukses di tingkat nasional dan balap motor internasional termasuk di Le Mans dan Mille Miglia.

Masalah keuangan muncul kembali pada tahun 1932. Perusahaan ini diselamatkan selama setahun oleh L. Prideaux Brune sebelum diteruskan ke Sir Arthur Sutherland. Pada tahun 1936, Astin Martin memutuskan untuk berkonsentrasi pada mobil jalan, memproduksi hanya 700 sampai Perang Dunia II dihentikan kerja. Produksi bergeser ke komponen pesawat selama perang.

Era David Brown

Pada tahun 1947, David Brown Terbatas membeli perusahaan di bawah kepemimpinan direktur Sir David Brown-nya "pasca-perang penyelamat". Perusahaan juga mengakuisisi Lagonda tahun itu untuk WO mesin 2.6-liter Bentley dirancang. Kedua perusahaan berbagi sumber daya dan lokakarya, melahirkan klasik "DB" seri mobil. Pada tahun 1950, perusahaan mengumumkan DB2, diikuti oleh DB2 / 4 pada tahun 1953, DB2 / 4 MkII pada tahun 1955, DB Mark III tahun 1957 dan Italia-gaya 3,7 L DB4 tahun 1958.

Sementara model ini membantu Aston Martin membangun balap silsilah baik, DB4 menonjol dan menghasilkan yang DB5 yang terkenal pada tahun 1963. Perusahaan tetap setia pada muncul nya "grand touring" gaya dengan DB6 (1965-1970), dan DBS (1967-1972).
Mesin enam silinder mobil ini dari tahun 1954 sampai dengan 1965 yang dirancang oleh Tadek Marek.


1970-mengubah kepemilikan

Aston Martin perusahaan sering finansial terganggu. Pada tahun 1972, perusahaan telah dijual kepada Perkembangan Perusahaan, konsorsium Birmingham berbasis diketuai oleh William Willson, MBE.

Perusahaan ini dijual kembali pada tahun 1975 oleh penerima menyusul kebangkrutan lebih lanjut untuk Amerika Utara pengusaha Peter Sprague dan George Minden untuk £ 1.050.000 Sebuah sukses strategy turn-around menyebabkan rekrutmen 360 karyawan baru. keuntungan perdagangan £ 750,000
. Pemilik baru mendorong perusahaan menjadi modernisasi lini, memproduksi Vantage V8 pada tahun 1977, Volante konversi pada tahun 1978, dan satu-off William Towns gaya Bulldog pada tahun 1980. Towns juga ditata futuristik baru Lagonda sedan, berdasarkan pada model V8.

Pada tahun 1980 Aston Martin-berusaha untuk membeli MG, berencana untuk merancang sebuah model baru dan menawarkan mereka mengambil diperbarui 1981 Model MGB. Akuisisi ini tidak pernah dikembangkan, sebagai perusahaan parah terkena kontraksi ekonomi awal 1980-an. Penjualan di seluruh dunia menyusut menjadi tiga mobil per minggu, mendorong ketua Alan Curtis, Sprague, dan Minden untuk mempertimbangkan menghentikan produksi untuk berkonsentrasi pada layanan dan pemulihan. Pada titik ini Curtis menghadiri 1980 Pace disponsori Stirling Moss hari manfaat di Brands Hatch, dan bertemu sesama Farnham penduduk Victor Gauntlett.

1980-Victor Gauntlett

Gauntlett membeli saham 12,5% di Aston Martin untuk £ 500.000 via Pace Petroleum pada tahun 1980, dengan Tim Hearley CH Industrials mengambil bagian yang sama. Pace dan CHI mengambil alih sebagai patungan 50/50 pemilik di awal tahun 1981, dengan Gauntlett sebagai ketua eksekutif. Gauntlett juga memimpin tim penjualan, dan setelah beberapa pengembangan dan publisitas ketika menjadi mobil produksi tercepat 4-seater di dunia, mampu menjual Aston Martin Lagonda di Oman, Kuwait, dan Qatar.

Pada tahun 1982 Aston Martin diberikan Waran Royal Pengangkatan oleh Prince of Wales. Perusahaan ini memiliki surat perintah untuk hari ini.
Memahami bahwa itu akan mengambil beberapa waktu untuk mengembangkan Aston Martin produk baru, mereka menciptakan layanan rekayasa anak Tickford untuk mengembangkan produk otomotif untuk perusahaan lain. Produk termasuk Tickford Austin Metro, Tickford Ford Capri dan bahkan Tickford kereta interior, terutama pada Jaguar XJS. Pace terus mensponsori acara balap, dan sekarang disponsori semua Aston Martin Owners Club peristiwa, mengambil Tickford bermesin Nimrod Grup C mobil yang dimiliki oleh Presiden baikAMOC Viscount Downe, yang datang ketiga di Kejuaraan Produsen di kedua 1982 dan 1983. Hal ini juga finish ketujuh dalam 1982 24 Jam Le Mans ras. Namun, penjualan mobil produksi yang sekarang di semua waktu rendah dari 30 mobil yang diproduksi pada tahun 1982.

Sebagai perdagangan menjadi lebih ketat di pasar minyak, dan Aston Martin membutuhkan lebih banyak waktu dan uang, Gauntlett setuju untuk menjual Hays / Pace ke Kantor Investasi Kuwait pada September 1983. Seperti Aston Martin membutuhkan investasi yang lebih besar, ia juga setuju untuk menjual saham memegang kepada importir Amerika dan taipan perkapalan Yunani Peter Livanos, yang diinvestasikan melalui perusahaan patungan dengan Nick dan John Papanicalou, SEMUA Inc Gauntlett tetap ketua perusahaan AML 55% dimiliki oleh SEMUA, dengan Tickford usaha 50/50 antara ALL dan CHI. Hubungan yang tidak nyaman itu berakhir ketika semua opsi yang dieksekusi untuk membeli saham besar di AML, saham sisa CHI ditukar untuk kepemilikan lengkap CHI dari Tickford, yang mempertahankan perkembangan yang ada Aston Martin proyek. Pada tahun 1984, Titan perusahaan pelayaran utama dari Papanicolaou adalah dalam kesulitan, sehingga Livanos ayah George
membeli saham Papanicolaou, sementara Gauntlett lagi menjadi pemegang saham dengan 25% saham di AML.

Meskipun hasilnya Aston Martin harus membuat 60 anggota
kelebihan tenaga kerja, Gauntlett membeli saham di Italian styling rumah Zagato, dan dibangkitkan kerjasama dengan Aston Martin.

Pada tahun 1986, Gauntlett menegosiasikan kembalinya fiksi agen rahasia Inggris James Bond Aston Martin. Cubby Broccoli telah memilih untuk merombak karakter menggunakan aktor Timothy Dalton, dalam upaya untuk kembali akar Bond
 kembali ke nuansa yang lebih seperti Sean Connery. Gauntlett disediakan Vantage pra-produksi pribadinya untuk digunakan dalam pembuatan film The Living Daylights, dan dijual Volante untuk Brokoli untuk digunakan di rumahnya di Amerika. Gauntlett menolak peran seorang kolonel KGB dalam film.

Perusahaan membutuhkan dana untuk bertahan hidup dalam jangka panjang. Pada bulan Mei tahun 1987, Gauntlett dan Prince Michael of Kent tinggal di rumah Contessa Maggi, istri dari pendiri asli Mille Miglia, sambil menonton acara kebangunan rohani. Tamu lain rumah itu Walter Hayes, Wakil Presiden Ford Eropa. Meskipun masalah atas akuisisi sebelumnya AC Mobil, Hayes melihat potensi dari merek dan diskusi mengakibatkan Ford mengambil saham pada bulan September 1987.
Pada tahun 1988, telah menghasilkan sekitar 5.000 mobil dalam 20 tahun, ekonomi dihidupkan kembali dan penjualan yang sukses dari Vantage edisi terbatas, dan 52 Volante Zagato coupe di £ 86.000 masing-masing, perusahaan akhirnya pensiun V8 kuno dan memperkenalkan Virage rentang-baru pertama Aston diluncurkan pada 20 tahun.

Meskipun Gauntlett adalah kontrak untuk tetap sebagai ketua selama dua tahun, minat balapnya membawa Aston kembali ke balap mobil sport tahun 1989 dengan keberhasilan Eropa yang terbatas. Namun, dengan aturan mesin perubahan untuk tahun 1990 musim dan peluncuran Aston Martin Volante Model baru, Ford memberikan terbatasnya pasokan mesin Cosworth untuk mobil tim balap Jaguar. Sebagai "kecil Aston" DB7 akan membutuhkan masukan rekayasa besar, Ford setuju untuk mengambil kontrol penuh dari Aston Martin, dan Gauntlett menyerahkan kepemimpinan perusahaan Hayes pada tahun 1991. Pada tahun 1992, versi Vantage diumumkan, dan tahun berikutnya perusahaan memperbaharui kisaran DB dengan mengumumkan DB7.

Era Ford

Ford menempatkan Aston di Premier Automotive Group, diinvestasikan dalam manufaktur baru dan produksi menggenjot produksinya. Pada tahun 1994, Ford membuka pabrik baru di Banbury Road di Bloxham. Pada tahun 1995, perusahaan memproduksi rekor 700 kendaraan. Sampai era Ford, mobil telah diproduksi dengan metode kerajinan tangan coachbuilding, seperti roda Inggris. Pada tahun 1998 2.000 th DB7 dibangun, dan pada tahun 2002 th 6.000, melebihi produksi semua model DB sebelumnya. The DB7 Kisaran didorong oleh penambahan V12 Vantage model pada tahun 1999, dan pada tahun 2001 perusahaan memperkenalkan bermesin V12 Aston Martin Vanquish.

Di North American International Auto Show di Detroit, Michigan pada tahun 2003, Aston Martin Vantage memperkenalkan mobil konsep AMV8. Diharapkan memiliki beberapa perubahan sebelum diperkenalkan di tahun 2005, Vantage membawa kembali mesin V8 klasik untuk memungkinkan perusahaan untuk bersaing di pasar yang lebih besar. 2003 juga melihat pembukaan pabrik Gaydon, pertama pabrik tujuan-dibangun dalam sejarah Aston Martin. Juga diperkenalkan pada tahun 2003 adalah DB9 coupé, yang menggantikan DB7 sepuluh tahun. Sebuah versi convertible dari DB9, DB9 Volante, diperkenalkan pada 2004 Detroit Auto Show.

Pada bulan Oktober 2004, perusahaan mendirikan berdedikasi 12.500 meter persegi (135.000 sq ft) AMEP mesin pabrik produksi dalam Ford Jerman Niehl, Cologne tanaman. Dengan kapasitas produksi hingga 5.000 mesin per tahun dengan 100 personel terlatih khusus, seperti produksi tradisional Aston Martin mesin dari Newport Pagnell, perakitan setiap unit dipercayakan kepada seorang teknisi tunggal, dengan V8 dan V12 varian dirakit di bawah 20 jam. Dengan membawa mesin produksi kembali ke dalam perusahaan, janji adalah bahwa Aston Martin akan mampu menghasilkan berjalan kecil varian mesin kinerja yang lebih tinggi.
Kapasitas mesin diperluas diperbolehkan pada tahun 2006, mobil V8 Vantage olahraga untuk masuk produksi pada Gaydon pabrik, bergabung dengan DB9 dan DB9 Volante.

Pada Desember 2003 Aston Martin mengumumkan akan kembali ke balap motor pada tahun 2005. Sebuah divisi baru diciptakan, yang disebut Aston Martin Racing, yang menjadi bertanggung jawab, bersama-sama dengan Prodrive, untuk desain, pengembangan, dan pengelolaan program DBR9. The DBR9 bersaing di kelas GT dalam olahraga balap mobil, termasuk yang terkenal di dunia 24 Jam Le Mans.

Pada tahun 2006, internal audit dipimpin Ford untuk mempertimbangkan divestasi itu sendiri bagian dari Premier Automotive Group nya. Setelah saran menjual Jaguar Cars, Land Rover, Volvo Cars atau ditimbang, Ford mengumumkan pada bulan Agustus 2006 itu telah terlibat UBS AG untuk menjual seluruh atau sebagian dari Aston Martin di lelang.


2007 Era Richards

Pada tanggal 12 Maret 2007, sebuah konsorsium yang dipimpin oleh ketua Prodrive David Richards membeli Aston Martin untuk £ 475m (US $ 848m). Kelompok ini termasuk bankir investasi Amerika John Singers dan dua perusahaan asal Kuwait, Dar Investasi dan Adeem. Prodrive tidak memiliki keterlibatan keuangan dalam kesepakatan tersebut. Ford terus saham di perusahaan senilai 40m (US $ 70m) £.

Untuk menunjukkan daya tahan Vantage V8 di medan berbahaya dan mempromosikan mobil di Cina, pertama persimpangan timur-barat dari Jalan Asia dilakukan antara bulan Juni dan Agustus 2007. Sepasang warga Inggris melaju 12.089 km (7.512 mil) dari Tokyo ke Istanbul sebelum bergabung dengan jaringan jalan tol Eropa selama 3.259 km (2.025 mil) ke London. Promosi itu begitu sukses perusahaan membuka dealer di Shanghai dan Beijing dalam waktu tiga bulan.

Pada tanggal 19 Juli 2007, Newport Pagnell pabrik digulirkan terakhir dari hampir 13.000 mobil dibuat di sana sejak tahun 1955, sebuah S. fasilitas Vanquish Tickford Street dikonversi ke layanan Aston Martin dan departemen restorasi. produksi Inggris kini terkonsentrasi di Gaydon . pada mantan RAF V-bomber lapangan udara
. Pada bulan Maret 2008 perusahaan mengumumkan kemitraan dengan Magna Steyr untuk melakukan outsourcing pembuatan lebih dari 2.000 mobil per tahun ke Graz, Austria, meyakinkan menyatakan: melanjutkan pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan didasarkan pada Gaydon sebagai titik fokus dan jantung bisnis, dengan desain dan rekayasa dari semua Aston Martin produk terus dilakukan di sana.

Dealer lainnya di Eropa dan pasangan baru di China membawa total 120 di 28 negara. Pada tanggal 1 September 2008, Aston Martin mengumumkan kebangkitan marque Lagonda, mengusulkan sebuah konsep yang akan ditampilkan pada tahun 2009 bertepatan dengan peringatan 100 merek. Mobil-mobil produksi pertama yang dijadwalkan untuk 2012.

Pada bulan Desember 2008, Aston Martin mengumumkan akan memangkas tenaga kerja dari 1.850 menjadi 1.250. Pertama empat pintu mobil Aston Martin Rapide olahraga berguling keluar dari pabrik Steyr Magna di Graz, Austria pada tahun 2010. Para produsen kontrak menyediakan fasilitas khusus untuk memastikan kepatuhan dengan standar menuntut Aston Martin dan merek lain, termasuk Mercedes- Benz. Ulrich Bez secara terbuka berspekulasi tentang outsourcing untuk operasi Aston Martin dengan pengecualian pemasaran
. Pada September 2011 diumumkan produksi Rapide akan dikembalikan ke Gaydon pada paruh kedua tahun 2012, memulihkan semua pembuatan sana.

Pada akhir 2012, Investment Dar terakhir sahamnya, dengan Mahindra & Mahindra muncul sebagai penawar potensial sebanyak setengah dari Aston Martin. Sebaliknya, Italia swasta Investindustrial reksa dana saham menandatangani kesepakatan pada tanggal 6 Desember 2012 untuk membeli 37,5% dari Aston Martin, investasi £ 150,000,000 sebagai peningkatan modal
. Hal ini dikonfirmasi oleh Aston Martin dalam siaran pers pada tanggal 7 Desember 2012.

Aston Martin V8 dan V12 mesin masih diproduksi oleh Ford di Cologne, Jerman dengan kesepakatan yang berlangsung sampai tahun 2013. Ford, yang tidak menggunakan baik dalam jangkauan kendaraan dan berasal sedikit manfaat dari pengaturan tersebut, telah menolak untuk mengomentari masa depannya.

Model

Mobil sebelum perang
1921-1925 Aston Martin Standard Olahraga
1927-1932 Aston Martin Pertama Seri
1929-1932 Aston Martin International
1932-1932 Aston Martin International Le Mans
1932-1934 Aston Martin Le Mans
1933-1934 Aston Martin 12/50 Standar
1934-1936 Aston Martin Mk II
1934-1936 Aston Martin Ulster
1936-1940 Aston Martin Kecepatan Model 2-liter (23 dibangun) Yang terakhir 8 yang dilengkapi dengan tipe C bodywork
1937-1939 Aston Martin 15/98

Pasca-perang Olahraga dan GT mobil
1948-1950 Aston Martin Sports 2-Liter (DB1)
Aston Martin DB2 1950-1953
Aston Martin DB2 1953-1957 / 4
1957-1959 Aston Martin DB Mark III
Aston Martin DB4 1958-1963
Aston Martin DB4 1961-1963 GT Zagato
Aston Martin DB5 1963-1965
1965-1966 Aston Martin Volante Pendek Chassis
Aston Martin DB6 1965-1969
1967-1972 Aston Martin DBS
Aston Martin V8 1969-1989
Aston Martin V8 1977-1989 Vantage
Aston Martin V8 1986-1990 Zagato
Aston Martin Virage 1989-1996 / Virage Volante
Aston Martin Virage 1989-2000
Aston Martin Vantage 1993-2000
Aston Martin V8 1996-2000 Coupe/V8 Volante
1993-2003 Aston Martin Vantage DB7/DB7
2001-2007 Aston Martin V12 Vanquish / Vanquish S
Aston Martin DB7 2002-2003 Zagato
2002-2004 Aston Martin DB AR1
2004 - Aston Martin DB9
2005 - Aston Martin V8 dan V12 Vantage
2007-2012 Aston Martin DBS V12
2009 - Aston Martin One-77
2010 - Aston Martin Rapide
Aston Martin Virage 2011-2012
2012 - Aston Martin Vanquish

Lain
1944 Aston Martin Atom
1961-1964 Lagonda Rapide
Aston Martin Lagonda 1976-1989
1980 Aston Martin Bulldog (konsep)
1993 Lagonda Vignale (konsep)
2007 Aston Martin V12 Vantage RS (konsep)
Aston Martin V8 2007-2008 Vantage N400
2009 Aston Martin Lagonda SUV (konsep)
2010 Aston Martin V12 Vantage Carbon Black Edition
2010 Aston Martin DBS Carbon Black Edition
Aston Martin Rapide 2013 Bertone Jet 2 +2

Model-model terbaru
V8 Vantage, V8 Vantage Roadster & V12 Vantage
DB9 & DB9 Volante
Virage Volante & Virage
Satu-77
Mengalahkan
Rapide
Aston Martin V12 Zagato
Cygnet, berdasarkan Toyota iQ

Mobil balap Utuh (pasca-perang)
Aston Martin DB3 (1950-1953)
Aston Martin DB3S (1953-1956)
Aston Martin DBR1 (1956-1959)
Aston Martin Buruk Bagus DBR2 (1957-1958)
Aston Martin DBR3 (1958)
Aston Martin DBR4 (1959)
Aston Martin DBR5 (1960)
Aston Martin DP212 (1962)
Aston Martin DP214 (1963)
Aston Martin DP215 (1963)
Aston Martin Rham / 1 (1976-1979)
Aston Martin AMR1 (1989)
Aston Martin AMR2
Aston Martin DBR9 (2005 -)
Aston Martin DBRS9 (2005 -)
Aston Martin V8 Vantage N24 (2006 -)
Aston Martin V8 Vantage Rally GT (2006 -)
Aston Martin V8 Vantage GT2 (2008 -)
Aston Martin V8 Vantage GT4 (2008 -)
Aston Martin DBR1-2 (2009 -)
Aston Martin AMR-One (2011)

Pasokan mesin hanya

Cooper-Aston Martin (1963)
Lola T70-Aston Martin (1967)
Aston Martin DPLM (1980-1982)
Nimrod NRA/C2-Aston Martin (1982-1984)
Aston Martin EMKA C83 / 1 dan C84 / 1 (1983-1985)
Cheetah G604-Aston Martin
Lola B08/60-Aston Martin (2008 -)



Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Aston_Martin

No comments:

Post a Comment